Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Tahan Lama

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Tahan Lama salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Tahan Lama

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Tahan Lama Sambal ayam geprek merupakan salah satu menu makanan yang sedang populer di Indonesia. Rasanya yang pedas dan gurih membuat banyak orang menyukainya. Namun, masalah yang sering terjadi adalah sambal ayam geprek yang cepat basi dan tidak tahan lama. Sebagai koki profesional, saya akan berbagi resep tentang cara membuat sambal ayam geprek tahan lama yang bisa dijadikan panduan untuk membuat menu ini di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal ayam geprek, pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan: – 500 gram ayam fillet – 1 buah jeruk nipis – 1/2 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica bubuk – 100 gram tepung terigu – 2 butir telur ayam – 200 gram tepung panir – Minyak goreng secukupnya – 10 buah cabai rawit merah – 5 buah cabai merah keriting – 5 buah bawang merah – 3 siung bawang putih – 1/2 sendok teh garam – 1/2 sendok teh gula pasir – 1 sendok makan air jeruk nipis – 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Ayam Geprek

1. Potong ayam fillet menjadi bagian yang lebih kecil dan tipis-tipis. 2. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 15 menit. 3. Siapkan tepung terigu di dalam mangkuk. 4. Kocok telur ayam di dalam mangkuk terpisah. 5. Siapkan tepung panir di dalam mangkuk terpisah. 6. Gulingkan ayam ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke dalam telur ayam, dan terakhir gulingkan ke dalam tepung panir. 7. Goreng ayam dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 8. Geprek ayam dengan alat geprek atau ulekan hingga pipih.

Cara Membuat Sambal

1. Goreng cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, dan bawang putih dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 2. Haluskan semua bahan yang digoreng tadi dengan blender atau ulekan. 3. Tambahkan garam, gula pasir, air jeruk nipis, dan minyak goreng. Aduk rata.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Tahan Lama

1. Letakkan ayam geprek dalam piring saji. 2. Siramkan sambal di atas ayam geprek. 3. Sajikan dengan nasi dan lalapan. Untuk membuat sambal ayam geprek tahan lama, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti menambahkan pengawet alami seperti daun jeruk atau daun salam saat menggoreng ayam. Selain itu, pilih bahan-bahan yang segar dan jangan terlalu banyak menggunakan bahan pengawet buatan. People also ask: 1. Apakah sambal ayam geprek bisa disimpan di lemari es? Jawaban: Bisa, namun sebaiknya tidak lebih dari 2 hari karena sambal ayam geprek cepat basi. 2. Bagaimana cara menyimpan sambal ayam geprek agar tahan lama? Jawaban: Sambal ayam geprek bisa disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama maksimal 3 hari. 3. Apakah ada bahan pengawet yang bisa ditambahkan ke dalam sambal ayam geprek? Jawaban: Ada, namun sebaiknya menggunakan pengawet alami seperti daun jeruk atau daun salam untuk menjaga sambal ayam geprek tetap segar dan tahan lama.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Ayam Geprek Tahan Lama ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :