Cara Membuat Sambal Bajak Khas Jawa Timur

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Bajak Khas Jawa Timur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Bajak Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Bajak Khas Jawa Timur Sambal bajak adalah salah satu sambal khas Jawa Timur yang terkenal dengan rasa pedasnya yang khas. Sambal ini terbuat dari bahan-bahan yang segar dan diolah dengan teknik khusus. Jika Anda ingin mencoba membuat sambal bajak khas Jawa Timur sendiri, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

– 10 buah cabai rawit merah – 5 buah cabai merah keriting – 5 buah cabai hijau keriting – 1 buah tomat ukuran sedang – 2 buah kemiri – 2 siung bawang putih – 5 buah bawang merah – 1 ruas jari lengkuas – 1 ruas jari jahe – 1 sdt terasi – 1 sdt gula merah – 1 sdt garam – 1 sdt air asam jawa – 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat

1. Pertama-tama, cuci bersih semua bahan, kemudian potong-potong cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih. Potong-potong juga lengkuas dan jahe. 2. Tumis bumbu halus (kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, dan terasi) dengan minyak goreng hingga harum. 3. Masukkan potongan cabai, tomat, dan air asam jawa ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata. 4. Tambahkan gula merah dan garam. Aduk kembali hingga rata. 5. Setelah bahan-bahan tercampur rata, angkat dan dinginkan. 6. Setelah dingin, blender semua bahan hingga halus. 7. Sambal bajak khas Jawa Timur siap disajikan.

Tips dalam Membuat Sambal Bajak Khas Jawa Timur

– Pilih cabai yang segar dan tidak terlalu pedas agar sambal tidak terlalu pedas. – Tambahkan air asam jawa secukupnya agar sambal tidak terlalu asam. – Jangan terlalu lama menumis bumbu halus agar tidak gosong dan merubah rasa sambal.

Cara Penyajian

Sambal bajak khas Jawa Timur dapat disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng, sate, atau ayam goreng. Sambal ini juga cocok dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan seperti sate bumbu kacang atau sayur lodeh. People also ask: 1. Apakah sambal bajak khas Jawa Timur hanya terbuat dari cabai? – Tidak, sambal bajak khas Jawa Timur juga terdiri dari bahan-bahan seperti tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi. 2. Apakah sambal bajak khas Jawa Timur harus dihaluskan? – Iya, sambal bajak khas Jawa Timur harus dihaluskan agar bahan-bahan tercampur rata dan menghasilkan tekstur yang lembut. 3. Berapa lama sambal bajak khas Jawa Timur bisa disimpan? – Sambal bajak khas Jawa Timur bisa disimpan di kulkas selama 1 minggu. Namun, sebaiknya disajikan dalam waktu 2-3 hari untuk mendapatkan rasa yang optimal.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Bajak Khas Jawa Timur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :