Cara Membuat Sambal Bajak Yang Enak Dan Tahan Lama

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Bajak Yang Enak Dan Tahan Lama salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Bajak Yang Enak Dan Tahan Lama

Cara Membuat Sambal Bajak yang Enak dan Tahan Lama Sambal bajak adalah salah satu sambal khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan yang dihaluskan dan dicampur menjadi satu. Sambal ini memiliki rasa yang pedas, manis, dan asam yang membuatnya sangat cocok sebagai pelengkap makanan. Namun, untuk membuat sambal bajak yang enak dan tahan lama tidaklah mudah. Dibutuhkan beberapa bahan dan teknik khusus agar sambal bajak yang Anda buat benar-benar enak dan dapat bertahan lama. Berikut adalah resep dan cara membuat sambal bajak yang enak dan tahan lama.

Bahan-bahan

Untuk membuat sambal bajak yang enak dan tahan lama, Anda membutuhkan beberapa bahan, di antaranya: 1. 300 gram cabai merah keriting 2. 200 gram cabai rawit merah 3. 5 buah bawang merah 4. 3 siung bawang putih 5. 3 buah tomat hijau 6. 1 buah terasi ukuran kecil 7. 1 sdt gula pasir 8. 1 sdt garam 9. 100 ml minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat sambal bajak yang enak dan tahan lama: 1. Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan. 2. Potong tomat hijau menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan terasi dan gula pasir, lalu blender hingga halus. 3. Masukkan cabai merah keriting dan cabai rawit ke dalam blender, lalu blender hingga halus. 4. Iris bawang merah dan bawang putih, lalu tumis dengan minyak goreng hingga harum. 5. Masukkan adonan bahan yang sudah di-blender ke dalam tumisan bawang, aduk hingga merata. 6. Tambahkan garam dan aduk kembali hingga merata. 7. Masak sambal dengan api kecil hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. 8. Angkat sambal dan biarkan dingin.

Teknik Khusus

Ada beberapa teknik khusus yang harus diperhatikan saat membuat sambal bajak agar enak dan tahan lama, di antaranya: 1. Penggunaan cabai merah keriting yang tepat. Pilih cabai merah keriting yang masih segar dan tidak terlalu tua. Usahakan untuk membeli cabai merah keriting yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari. Hal ini akan membuat sambal bajak menjadi lebih tahan lama. 2. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak goreng hingga harum. Hal ini akan memberikan rasa yang khas pada sambal bajak. 3. Masak sambal dengan api kecil hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Hal ini akan membuat sambal bajak menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

Pilihan Penyajian

Sambal bajak dapat disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng, sate, atau ayam bakar. Sambal ini juga cocok untuk dimakan bersama dengan kerupuk atau sayuran mentah seperti timun atau wortel. People also ask: – Apakah sambal bajak bisa disimpan di dalam kulkas? Jawaban: Ya, sambal bajak bisa disimpan di dalam kulkas. Namun, pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah kedap udara agar tidak cepat basi. – Berapa lama sambal bajak bisa bertahan di dalam kulkas? Jawaban: Sambal bajak bisa bertahan hingga 2 minggu di dalam kulkas jika disimpan di dalam wadah kedap udara. – Apakah bisa membuat sambal bajak tanpa terasi? Jawaban: Bisa, namun terasi merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan sambal bajak karena memberikan rasa yang khas. Jika tidak suka dengan terasi, bisa diganti dengan petis atau ebi.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Bajak Yang Enak Dan Tahan Lama ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :