Cara Membuat Sambal Bakso Malang

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Bakso Malang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Bakso Malang

Kamu suka bakso malang? Tidak lengkap rasanya jika tidak menikmatinya bersama sambal bakso yang pedas dan lezat. Di artikel ini, saya akan memberikan resep sambal bakso malang yang mudah dan enak untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal bakso malang, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 10 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk limau
  • 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat sambal bakso malang:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bersih cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan tomat. Kemudian iris kecil-kecil agar mudah dihaluskan.

2. Tumis Bahan

Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabai rawit dan cabai merah. Tumis hingga cabai layu.

3. Masukkan Tomat

Setelah cabai layu, masukkan irisan tomat ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga tomat empuk.

4. Tambahkan Gula dan Garam

Selanjutnya, tambahkan 1 sdt gula pasir dan 1 sdt garam ke dalam tumisan cabai dan tomat. Aduk rata hingga gula dan garam tercampur merata.

5. Tambahkan Air Jeruk Limau

Setelah itu, tambahkan 1 sdm air jeruk limau ke dalam sambal. Aduk rata dan matikan api. Sambal bakso malang siap disajikan.

Cara Sajikan

Sambal bakso malang dapat disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kamu dapat menyajikannya di atas piring bersama dengan bakso malang yang telah direbus. Tambahkan irisan daun bawang atau seledri sebagai hiasan.

Demikianlah resep sambal bakso malang yang mudah dan lezat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat sambal bakso malang sendiri di rumah. Selamat mencoba!

People Also Ask

1. Apakah sambal bakso malang harus pedas?

Tidak harus. Namun, rasa pedas pada sambal bakso malang memberikan sensasi yang lebih nikmat dan khas.

2. Bisakah saya mengganti cabai rawit dengan cabai lain?

Tentu saja. Kamu dapat mengganti cabai rawit dengan cabai jenis lain, seperti cabai keriting atau cabai hijau. Namun, pastikan rasa pedasnya tetap terjaga.

3. Adakah bahan lain yang dapat ditambahkan ke dalam sambal bakso malang?

Tentu saja. Beberapa bahan yang dapat ditambahkan ke dalam sambal bakso malang antara lain bawang merah goreng, terasi, atau kecap manis.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Bakso Malang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :