Cara Membuat Sambal Ebi Yg Enak

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Ebi Yg Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Ebi Yg Enak

Kamu suka makanan yang pedas? Atau kamu ingin mencoba sensasi pedas yang berbeda? Sambal ebi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencoba sensasi pedas dengan cita rasa yang berbeda. Berikut ini adalah cara membuat sambal ebi yang enak dan mudah di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses membuat sambal ebi, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 100 gram ebi kering
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai merah besar
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 100 ml minyak goreng

Langkah Pertama

Langkah pertama dalam membuat sambal ebi adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Kemudian, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan.

Langkah Kedua

Setelah semua bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah merebus ebi kering sampai matang. Setelah matang, tiriskan ebi dan haluskan menggunakan blender atau food processor.

Langkah Ketiga

Setelah ebi dihaluskan, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris halus bersama terasi hingga harum. Kemudian, masukkan cabai merah keriting dan cabai merah besar yang sudah diiris kasar. Tumis sampai cabai layu.

Langkah Keempat

Setelah cabai layu, masukkan ebi yang sudah dihaluskan. Aduk rata dan tambahkan garam dan gula pasir. Aduk kembali hingga rata.

Langkah Kelima

Terakhir, tuangkan minyak goreng ke dalam tumisan sambal ebi. Aduk rata dan masak hingga minyak tercampur merata. Angkat dan sambal ebi siap disajikan.

Itulah cara membuat sambal ebi yang enak dan mudah di rumah. Kamu bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apakah sambal ebi pedas?

Sambal ebi memiliki rasa pedas yang cukup kuat, namun tidak terlalu pedas seperti sambal cabai biasa. Sensasi pedasnya terasa lebih nikmat karena bercampur dengan aroma ikan ebi yang khas.

2. Apakah sambal ebi disukai oleh semua orang?

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Ada yang menyukai sambal ebi dan ada juga yang tidak menyukainya. Namun, bagi pecinta makanan pedas dan ikan, sambal ebi bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Apakah sambal ebi enak jika disajikan dengan makanan tertentu?

Sambal ebi bisa disajikan dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi putih, mie goreng, atau seafood. Namun, sambal ebi juga cocok untuk disajikan dengan makanan khas Jepang seperti sushi atau onigiri.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Ebi Yg Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :