Cara Membuat Sambal Matah Bali Yang Enak

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Matah Bali Yang Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Matah Bali Yang Enak

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal matah bali. Sambal yang khas dari Bali ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan bisa disajikan dengan berbagai macam makanan. Untuk kamu yang ingin mencoba membuat sambal matah bali yang enak, berikut adalah resep yang bisa kamu ikuti.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebagai seorang koki profesional, bahan-bahan yang digunakan haruslah bahan yang berkualitas. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal matah bali yang enak:

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 5 buah cabe merah besar
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml minyak goreng

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal matah bali yang enak:

1. Memotong Bahan

Pertama-tama, kamu harus memotong semua bahan-bahan yang sudah disiapkan. Cabe rawit merah dan cabe merah besar dicuci dan dipotong-potong. Bawang merah dan bawang putih dicincang halus. Serai diambil bagian putihnya saja dan dipotong-potong. Daun jeruk dipetik dan diiris halus.

2. Menggoreng Bahan

Setelah semua bahan sudah dipotong, panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan serai dan daun jeruk, tumis kembali hingga layu.

3. Menambahkan Bahan Lainnya

Setelah bahan-bahan yang sudah ditumis terlihat matang, tambahkan cabe rawit merah dan cabe merah besar. Masak hingga bahan-bahan tersebut terlihat layu dan matang. Setelah itu, tambahkan air jeruk nipis, garam, dan gula pasir. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.

4. Menyajikan

Setelah sambal matah bali sudah selesai dimasak, kamu bisa langsung menyajikannya dengan berbagai macam makanan. Sambal ini cocok disajikan dengan nasi putih, ayam goreng, atau ikan bakar.

People also ask, bagaimana cara membuat sambal matah bali yang pedas?

Jawabannya, untuk membuat sambal matah bali yang pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit merah atau cabe merah besar yang lebih banyak. Namun, pastikan kamu menyesuaikan tingkat kepedasan dengan selera masing-masing.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Matah Bali Yang Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :