Cara Membuat Sambal Nasi Kuning

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Nasi Kuning salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Nasi Kuning

Kamu seorang penggemar kuliner nusantara? Nah, sambal nasi kuning adalah salah satu kuliner yang wajib kamu coba. Sambal ini memiliki rasa pedas yang pas dan gurih yang sangat cocok untuk disandingkan dengan nasi kuning. Yuk, simak resep cara membuat sambal nasi kuning yang enak dan mudah di rumah!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat sambal nasi kuning, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat merah
  • 1/2 sdt terasi
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat Sambal Nasi Kuning

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Cuci Bersih Semua Bahan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi dan juga membersihkan kotoran yang masih menempel pada bahan-bahan tersebut. Setelah dicuci, tiriskan bahan tersebut hingga kering.

2. Iris Bahan-bahan yang Telah Dicuci

Setelah semua bahan dicuci dan dikeringkan, iris bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan tomat merah. Iris kecil-kecil agar mudah dihaluskan.

3. Tumis Bahan-bahan yang Sudah Diiris

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Setelah minyak panas, masukkan semua bahan yang telah diiris ke dalam wajan dan aduk hingga harum dan matang. Jangan lupa tambahkan terasi, garam, dan gula pasir pada saat tumisan.

4. Haluskan Semua Bahan

Setelah semua bahan matang, angkat dari wajan dan dinginkan sejenak. Setelah itu, haluskan semua bahan dengan menggunakan blender atau cobek hingga rata.

5. Sambal Nasi Kuning Siap Disajikan

Setelah dihaluskan, sambal nasi kuning siap disajikan. Kamu dapat menyimpan sambal di dalam wadah kaca dan simpan di dalam kulkas agar tahan lebih lama.

Penyajian Sambal Nasi Kuning

Untuk menyajikan sambal nasi kuning, kamu dapat menyiapkan nasi kuning terlebih dahulu. Kemudian, taruh sambal di dalam mangkuk kecil dan sajikan bersama nasi kuning. Kamu juga bisa menambahkan lauk pauk seperti ayam goreng atau ikan goreng untuk menambah cita rasa.

People Also Ask: Apakah sambal nasi kuning bisa dibuat lebih pedas?

Jawaban: Tentu bisa. Kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabai merah keriting dalam jumlah yang lebih banyak jika ingin membuat sambal nasi kuning lebih pedas. Namun, pastikan tetap menjaga proporsi bahan-bahan lainnya agar rasa sambal tetap seimbang.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Nasi Kuning ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :