Cara Membuat Sambal Padang Asli

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Cara Membuat Sambal Padang Asli salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Padang Asli

Kamu yang suka makanan pedas pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal Padang. Sambal khas Sumatera Barat ini memang memiliki rasa pedas yang khas dan menjadi favorit banyak orang. Tapi tahukah kamu cara membuat sambal Padang asli? Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara membuat sambal Padang asli yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal Padang, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 50 gram cabe merah keriting
  • 25 gram cabe rawit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 150 ml minyak sayur

Cara membuat sambal Padang asli

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu bisa mulai membuat sambal Padang asli dengan cara berikut:

1. Tumis bumbu halus

Pertama-tama, haluskan cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun jeruk, garam, gula merah, dan terasi menggunakan blender atau ulekan. Kemudian, panaskan minyak sayur di atas wajan dan tumis bumbu halus sampai harum.

2. Masukkan cabe rawit utuh

Setelah bumbu halus harum, masukkan cabe rawit utuh dan aduk rata. Biarkan cabe rawit matang dan berubah warna menjadi kehitaman.

3. Angkat dan sajikan

Setelah matang, angkat sambal Padang asli dan sajikan di dalam mangkuk kecil. Sambal siap dinikmati bersama makanan kesukaanmu.

Tips membuat sambal Padang asli

Untuk mendapatkan sambal Padang asli yang enak, kamu bisa menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan terasi karena bisa membuat sambal terlalu amis. Sesuaikan juga jumlah cabe rawit yang digunakan sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

Itulah cara membuat sambal Padang asli yang bisa kamu coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

People also ask:

– Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal Padang asli?

– Bagaimana cara membuat sambal Padang yang pedas?

– Apa tips agar sambal Padang asli enak?

Jawaban:

– Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal Padang asli antara lain cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun jeruk, garam, gula merah, terasi, dan minyak sayur.

– Untuk membuat sambal Padang yang pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabe rawit atau menggunakan jenis cabe yang lebih pedas.

– Tips agar sambal Padang asli enak antara lain menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas serta tidak terlalu banyak menggunakan terasi.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Padang Asli ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :