Cara Membuat Sambal Yang Mudah

Posted on

Cara Membuat Sambal Yang Mudah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Cara Membuat Sambal Yang Mudah

Koki profesional pasti sudah sangat familiar dengan sambal. Sambal menjadi pelengkap yang wajib ada di meja makan orang Indonesia. Tidak hanya itu, sambal juga bisa menjadi bumbu yang membuat masakanmu jadi lebih sedap. Namun, membuat sambal ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Artikel ini akan memberikan resep cara membuat sambal yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 15 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok makan cuka

Cara Membuat Sambal

Berikut adalah cara membuat sambal yang mudah:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan telah dicuci bersih dan diiris-iris sesuai dengan selera.

2. Tumis Bawang Putih

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Setelah itu, tumis bawang putih hingga harum.

3. Masukkan Cabai

Setelah bawang putih harum, masukkan cabai rawit dan cabai merah besar. Tumis hingga cabai layu.

4. Tambahkan Gula dan Garam

Setelah cabai layu, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata dan biarkan sampai gula dan garam larut.

5. Tambahkan Cuka

Terakhir, tambahkan cuka dan aduk rata. Matikan api dan angkat sambal. Sambal siap disajikan.

Cara Penyajian

Sambal yang sudah jadi bisa langsung disajikan bersama dengan nasi dan lauk pauk. Selain itu, sambal juga bisa digunakan sebagai bumbu untuk masakan.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat sambal di atas? Selain resep di atas, masih banyak resep sambal lainnya yang bisa kamu coba. Namun, jika kamu ingin membuat sambal dengan rasa yang sedikit berbeda, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti tomat, terasi, atau bawang merah.

People also ask, apakah sambal harus selalu pedas? Jawabannya, tidak harus selalu pedas. Sambal bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika kamu tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit atau mengganti dengan cabai yang lebih besar seperti cabai merah keriting.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Yang Mudah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :