Macam Macam Kue Kukus Beserta Resepnya

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Macam Macam Kue Kukus Beserta Resepnya salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Macam Macam Kue Kukus Beserta Resepnya

Kue kukus merupakan salah satu jenis kue yang cukup populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur lembut dan empuk karena proses pembuatannya yang menggunakan uap panas. Berbagai macam kue kukus bisa kita temukan di Indonesia, mulai dari yang manis hingga yang gurih. Ingin tahu macam-macam kue kukus beserta resepnya? Simak ulasan berikut ini.

Kue Lumpur

Kue lumpur adalah salah satu kue kukus yang paling populer. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, santan, dan baking powder. Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta rasa yang manis. Berikut ini adalah resep untuk membuat kue lumpur:

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 250 ml santan kental
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 2 tetes pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, gula, baking powder, dan garam, aduk rata.
  2. Tambahkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak bergerindil.
  4. Tambahkan pewarna makanan (jika menggunakan) dan aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan kue lumpur yang telah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti.
  6. Kukus kue lumpur selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang.
  7. Ambil kue dari cetakan dan sajikan.

Tips:

Untuk mendapatkan kue lumpur yang empuk dan lembut, usahakan untuk tidak mengaduk adonan terlalu lama. Selain itu, pastikan adonan telah tercampur rata dan tidak bergerindil sebelum dimasukkan ke dalam cetakan.

Variasi:

Untuk variasi rasa, Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan atau coklat ke dalam adonan sebelum dikukus.

Selain kue lumpur, masih banyak lagi macam-macam kue kukus yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya adalah kue putu, klepon, kue lapis, dan masih banyak lagi. Setiap kue memiliki bahan dan cara membuat yang berbeda-beda, namun semua memiliki kesamaan dalam proses pembuatannya yang menggunakan uap panas.

People also ask, apa saja macam-macam kue kukus? Ada berapa jenis kue kukus? Bagaimana cara membuat kue kukus yang empuk dan lembut?

Jawaban: Ada banyak macam-macam kue kukus di Indonesia, seperti kue lumpur, kue putu, klepon, kue lapis, dan masih banyak lagi. Setiap kue memiliki bahan dan cara membuat yang berbeda-beda. Untuk membuat kue kukus yang empuk dan lembut, pastikan adonan telah tercampur rata dan tidak bergerindil sebelum dimasukkan ke dalam cetakan. Selain itu, usahakan untuk tidak mengaduk adonan terlalu lama.

Terima kasih sudah membaca Macam Macam Kue Kukus Beserta Resepnya ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :