Resep Cara Membuat Kue Mata Bagong

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Cara Membuat Kue Mata Bagong salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Cara Membuat Kue Mata Bagong

Kue mata bagong merupakan kue tradisional khas Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Kue ini memiliki rasa yang unik dan kelezatan yang tak kalah dengan jenis kue lainnya. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue mata bagong di rumah, berikut adalah resep dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue mata bagong, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 250 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 200 ml air daun pandan
  • 150 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat air daun pandan

Untuk membuat air daun pandan, siapkan beberapa helai daun pandan segar. Cuci bersih daun pandan dan potong-potong kecil. Blender daun pandan dengan air secukupnya hingga halus. Kemudian saring dan ambil airnya. Air daun pandan siap digunakan.

Cara membuat adonan tepung ketan

Siapkan wadah dan masukkan tepung ketan putih, kelapa parut kasar, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan tambahkan air daun pandan sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dipulung. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.

Cara membentuk adonan menjadi kue mata bagong

Setelah adonan istirahat selama 30 menit, ambil sejumput adonan dan bentuk bulat kecil-kecil. Kemudian pipihkan dan beri lubang di tengahnya. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

Siapkan wajan anti lengket dan panaskan minyak goreng. Setelah minyak panas, goreng adonan kue mata bagong hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Setelah kue matang dan dingin, kue mata bagong siap disajikan dan dinikmati.

People also ask, apakah kue mata bagong bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Jawabannya adalah kue mata bagong bisa disimpan dalam wadah tertutup dan ditempatkan di suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, lebih baik langsung disajikan untuk mendapatkan rasa yang lebih segar dan lezat.

Terima kasih sudah membaca Resep Cara Membuat Kue Mata Bagong ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :