Resep Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana

Kue bolu ulang tahun kukus sederhana adalah salah satu kue yang sering dijadikan pilihan untuk memeriahkan acara ulang tahun. Kue ini memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin membuat kue bolu ulang tahun kukus sederhana, berikut adalah resep yang dapat Anda coba.

Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat kue bolu ulang tahun kukus sederhana, pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 6 butir telur ayam
  • 200 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 1 sendok teh SP
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan margarin, lelehkan
  • Pewarna makanan (optional)

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kue bolu ulang tahun kukus sederhana:

1. Kocok Telur dan Gula

Pertama-tama, kocok telur dan gula dengan menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini dapat memakan waktu sekitar 10-15 menit.

2. Campurkan Tepung Terigu, Emulsifier, SP, Baking Powder, dan Garam

Setelah telur dan gula tercampur dengan baik, campurkan tepung terigu, emulsifier, SP, baking powder, dan garam dalam wadah terpisah. Aduk rata menggunakan saringan.

3. Masukkan Campuran Tepung ke dalam Adonan Telur

Kemudian, masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur sedikit-sedikit sambil terus dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga rata. Setelah itu, tambahkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan dan aduk rata.

4. Tambahkan Pewarna Makanan (Optional)

Jika Anda ingin memberikan warna pada kue bolu, tambahkan pewarna makanan secukupnya pada adonan dan aduk rata.

5. Tuang Adonan ke dalam Loyang

Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Pastikan adonan terisi hingga 3/4 bagian loyang.

6. Kukus Adonan

Panaskan kukusan dan letakkan loyang dengan adonan di atasnya. Kukus adonan selama 30-40 menit hingga matang. Untuk memastikan kue sudah matang, tes dengan menusukkan lidi ke dalam kue. Jika lidi keluar bersih, kue sudah matang.

7. Angkat dan Dinginkan

Setelah kue matang, angkat dari kukusan dan biarkan dingin sejenak. Setelah itu, keluarkan kue dari loyang dan biarkan dingin sepenuhnya di atas rak kue.

8. Hias Kue Bolu Ulang Tahun

Setelah kue dingin, kue bolu ulang tahun kukus sederhana siap dihias sesuai selera. Anda dapat menambahkan krim, buah-buahan, atau topping lainnya untuk memberikan sentuhan yang lebih pada kue.

People Also Ask

1. Apakah Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana Mudah Dibuat?

Ya, kue bolu ulang tahun kukus sederhana sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas.

2. Apakah Saya Harus Menggunakan Emulsifier dalam Membuat Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana?

Iya, penggunaan emulsifier dalam membuat kue bolu ulang tahun kukus sederhana dapat membantu membuat adonan kue menjadi lebih stabil dan menghasilkan tekstur yang lebih lembut.

3. Apakah Saya Bisa Menambahkan Aroma pada Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana?

Tentu saja, Anda dapat menambahkan aroma sesuai dengan selera Anda. Beberapa aroma yang biasa digunakan dalam kue bolu antara lain vanila, pandan, atau cokelat.

4. Berapa Lama Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana Bisa Disimpan?

Kue bolu ulang tahun kukus sederhana dapat disimpan dalam suhu ruangan selama 2-3 hari atau dalam kulkas selama 1 minggu.

5. Apakah Saya Harus Menggunakan Tepung Terigu Protein Sedang?

Ya, penggunaan tepung terigu protein sedang dapat membantu menghasilkan tekstur kue yang lembut dan mengembang dengan baik.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Ulang Tahun Kukus Sederhana ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :