Resep Kue Brownies Kukus Pandan

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Brownies Kukus Pandan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Brownies Kukus Pandan

Kue brownies kukus pandan adalah salah satu kue yang banyak disukai oleh banyak orang. Berbeda dengan brownies panggang yang memiliki tekstur lebih padat dan kering, brownies kukus pandan memiliki tekstur yang lebih lembut dan moist. Dengan tambahan pandan sebagai pewangi, kue ini semakin terasa istimewa. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue brownies kukus pandan sendiri, berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kue brownies kukus pandan, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena
  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram margarin
  • 4 butir telur
  • 150 ml air matang
  • 1 sdm emulsifier (SP/TBM)
  • 3 sdm pasta pandan
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, Anda bisa memulai membuat kue brownies kukus pandan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1: Siapkan Loyang Kue

Siapkan loyang kue ukuran 20×20 cm, kemudian olesi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. Pastikan loyang terlapisi dengan rata agar kue tidak menempel di loyang saat diangkat.

Langkah 2: Campurkan Tepung, Maizena, dan Baking Powder

Campurkan tepung terigu, maizena, dan baking powder dalam wadah, aduk hingga tercampur rata. Kemudian, saring campuran tersebut agar terhindar dari adanya gumpalan pada adonan.

Langkah 3: Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan berwarna putih. Hal ini bertujuan untuk membuat adonan kue semakin lembut dan mengembang saat dikukus.

Langkah 4: Tambahkan Margarin Cair

Tambahkan margarin cair ke dalam adonan telur dan gula pasir, kemudian aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Pastikan margarin telah dingin sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

Langkah 5: Tambahkan Air, Emulsifier, dan Pasta Pandan

Tambahkan air, emulsifier, dan pasta pandan ke dalam adonan telur, gula pasir, dan margarin. Kemudian, aduk perlahan hingga tercampur rata.

Langkah 6: Tambahkan Campuran Tepung

Tambahkan campuran tepung sedikit-sedikit ke dalam adonan telur sambil diaduk perlahan menggunakan spatula. Pastikan adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Langkah 7: Tuang Adonan ke dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan adonan merata dan tidak ada bagian yang kosong.

Langkah 8: Kukus Adonan Kue

Panaskan panci kukusan terlebih dahulu, kemudian letakkan loyang adonan kue dalam panci kukusan dan tutup rapat. Kukus kue selama 30-40 menit atau hingga matang.

Langkah 9: Angkat dan Dinginkan

Setelah matang, angkat loyang dari panci kukusan dan dinginkan kue brownies kukus pandan. Setelah dingin, kue siap dihidangkan.

Penyajian

Kue brownies kukus pandan siap disajikan dalam potongan-potongan kecil. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti keju parut atau cokelat serut. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apakah brownies kukus pandan sama seperti brownies kukus biasa?

Jawaban: Tidak, brownies kukus pandan memiliki tambahan pasta pandan sebagai pewangi sehingga lebih khas.

2. Apakah tepung maizena bisa diganti dengan tepung sagu?

Jawaban: Bisa, namun tekstur kue akan berbeda.

3. Apa manfaat emulsifier dalam membuat kue?

Jawaban: Emulsifier berfungsi untuk mengikat lemak dan air dalam adonan sehingga adonan menjadi lebih stabil dan menghasilkan kue yang lebih lembut.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Brownies Kukus Pandan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :