Resep Kue Kukus Yang Terbuat Dari Singkong

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Kukus Yang Terbuat Dari Singkong salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Kukus Yang Terbuat Dari Singkong

Kue kukus adalah salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Salah satu jenis kue kukus yang sedang populer adalah kue kukus yang terbuat dari singkong. Kue ini memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Berikut ini adalah resep untuk membuat kue kukus yang terbuat dari singkong.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue kukus yang terbuat dari singkong, Anda membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • 400 gram singkong, kupas dan cuci bersih
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 200 ml santan kental
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pandan secukupnya

Cara membuat

Berikut ini adalah cara membuat kue kukus yang terbuat dari singkong:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kukus yang terbuat dari singkong. Pastikan semua bahan sudah tersedia dan siap digunakan.

2. Kukus singkong

Kupas dan cuci bersih singkong, potong menjadi beberapa bagian, dan kukus hingga empuk. Setelah itu, haluskan singkong menggunakan blender atau food processor.

3. Campurkan bahan-bahan

Setelah singkong halus, campurkan dengan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata.

4. Tambahkan telur dan santan

Tambahkan telur dan santan ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduknya agar adonan tidak overmix.

5. Tambahkan daun pandan

Tambahkan daun pandan yang sudah diikat menjadi satu ke dalam adonan untuk memberikan aroma yang sedap pada kue kukus.

6. Siapkan loyang

Siapkan loyang dan olesi dengan sedikit minyak agar kue tidak lengket pada loyang. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.

7. Kukus kue

Panaskan kukusan terlebih dahulu, lalu kukus adonan kue selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan mengembang. Tes dengan tusuk gigi untuk memastikan apakah kue sudah matang atau belum.

8. Angkat dan dinginkan

Setelah matang, angkat kue dari kukusan dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong-potong dan disajikan.

Tips:

Untuk menghasilkan kue kukus yang lembut, pastikan adonan tidak terlalu banyak diaduk karena ini dapat membuat kue menjadi keras. Selain itu, pastikan kukusan sudah benar-benar panas sebelum memasukkan adonan kue agar kue matang dengan baik dan mengembang dengan sempurna.

Jadi, itulah resep untuk membuat kue kukus yang terbuat dari singkong. Selamat mencoba!

People also ask:

– Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kukus yang terbuat dari singkong?

– Bagaimana cara membuat kue kukus yang terbuat dari singkong?

Jawaban:

Untuk membuat kue kukus yang terbuat dari singkong, Anda membutuhkan singkong, tepung terigu, gula pasir, telur ayam, santan kental, baking powder, garam, dan daun pandan. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan singkong, mencampurkannya dengan bahan lainnya, menambahkan telur dan santan, menambahkan daun pandan, mengolesi loyang, mengukus adonan kue selama 30-40 menit, dan mendinginkannya sebelum disajikan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kukus Yang Terbuat Dari Singkong ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :