Resep Kue Lapis Tepung Terigu Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Tepung Terigu Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Tepung Terigu Gula Merah

Resep kue lapis tepung terigu gula merah adalah salah satu resep kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini mempunyai rasa manis yang khas dan tekstur yang lembut. Dalam pembuatan kue lapis tepung terigu gula merah, kita memerlukan beberapa bahan seperti tepung terigu, gula merah, santan, telur, dan kelapa parut.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak, pastikan bahwa semua bahan yang diperlukan sudah tersedia. Beberapa bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue lapis tepung terigu gula merah adalah:

  • 500 gram tepung terigu
  • 500 gram gula merah, parut
  • 1 liter santan
  • 10 butir telur
  • 250 gram kelapa parut, kukus
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Terigu Gula Merah

Untuk membuat kue lapis tepung terigu gula merah, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Membuat Adonan Dasar

Langkah pertama dalam membuat kue lapis tepung terigu gula merah adalah membuat adonan dasar. Campurkan 500 gram tepung terigu dengan 10 butir telur dan 1 liter santan. Aduk rata menggunakan mixer atau whisk.

Langkah 2: Membuat Adonan Gula Merah

Selanjutnya, buat adonan gula merah. Campurkan 500 gram gula merah yang sudah diparut dengan 1 liter santan. Panaskan adonan gula merah di atas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula merah larut dan adonan mengental.

Setelah adonan gula merah mengental, tambahkan 1/2 sendok teh garam dan aduk rata. Sisihkan.

Langkah 3: Memasak Adonan Dasar

Setelah adonan dasar dan adonan gula merah siap, panaskan loyang kue di atas api kecil. Olesi permukaannya dengan minyak goreng atau margarin.

Tuang sedikit adonan dasar ke dalam loyang dan ratakan. Masak adonan dasar hingga matang, lalu tambahkan adonan gula merah di atasnya. Ratakan adonan gula merah dan masak kembali hingga matang.

Ulangi proses tersebut hingga adonan habis atau hingga kue mencapai ketebalan yang diinginkan.

Langkah 4: Menyelesaikan Kue Lapis Tepung Terigu Gula Merah

Setelah kue matang, keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Sajikan kue lapis tepung terigu gula merah dalam wadah yang bersih.

Cara Menyimpan Kue Lapis Tepung Terigu Gula Merah

Untuk menyimpan kue lapis tepung terigu gula merah, letakkan kue dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang kering dan sejuk. Kue dapat bertahan selama 3-4 hari jika disimpan dengan baik.

Itulah resep kue lapis tepung terigu gula merah yang mudah dan enak. Selamat mencoba!

People Also Ask

Apakah kue lapis tepung terigu gula merah dapat disimpan dalam freezer?

Jawabannya, kue lapis tepung terigu gula merah dapat disimpan dalam freezer. Untuk menyimpan kue dalam freezer, bungkus kue dengan plastik wrap atau kantong plastik kedap udara. Kue dapat disimpan dalam freezer selama 1-2 bulan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Tepung Terigu Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :