Resep Kue Leker Garing Dan Renyah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Leker Garing Dan Renyah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Leker Garing Dan Renyah

Kue leker adalah salah satu makanan ringan yang sangat populer di Indonesia. Kue yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan santan ini memiliki tekstur yang renyah dan garing. Bagi Anda yang ingin membuat kue leker sendiri di rumah, berikut kami berikan resep kue leker garing dan renyah yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue leker garing dan renyah:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 500 ml santan kental
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Adonan

Untuk membuat adonan kue leker, pertama-tama campurkan tepung terigu, garam, dan gula pasir dalam sebuah wadah. Aduk rata semua bahan.

Selanjutnya, kocok telur hingga berbusa dan tambahkan ke dalam campuran tepung terigu. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Setelah itu, tuang santan kental sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Aduk hingga adonan kue leker tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Cara Membuat Kulit Leker

Setelah adonan kue leker siap, langkah selanjutnya adalah membuat kulit leker. Pertama-tama, panaskan wajan leker atau wajan datar yang telah diolesi dengan minyak goreng. Pastikan wajan sudah panas sebelum mulai mengoleskan adonan kue leker.

Selanjutnya, ambil satu sendok sayur adonan kue leker dan tuangkan ke wajan. Ratakan adonan hingga menutupi seluruh permukaan wajan. Goreng adonan hingga kulit leker berwarna kecoklatan dan renyah, lalu angkat dan tiriskan.

Cara Melipat Kulit Leker

Setelah kulit leker dingin, langkah selanjutnya adalah melipat kulit leker. Letakkan kulit leker yang telah dingin di atas sebuah wadah. Ambil selembar kertas lilin atau plastik dan letakkan di atas kulit leker.

Gunakan kertas lilin atau plastik untuk membungkus kulit leker dan melipatnya dengan rapi. Setelah itu, tekan-tekan kulit leker dengan tangan agar kulit leker terlihat lebih padat dan garing.

Setelah itu, lepas kertas lilin atau plastik dari kulit leker dan gulung kue leker dengan rapi. Kue leker garing dan renyah siap disajikan.

Jangan lupa untuk menyajikan kue leker dengan berbagai pilihan topping, seperti keju, cokelat, susu kental manis, atau meses. Selamat mencoba!

People Also Ask

Bagaimana cara membuat kue leker yang tidak mudah hancur?

Untuk membuat kue leker yang tidak mudah hancur, pastikan adonan kue leker tercampur rata dan tidak terlalu cair. Selain itu, pastikan wajan leker sudah cukup panas sebelum mengoleskan adonan kue leker. Jangan lupa untuk menggunakan minyak goreng secukupnya agar kulit leker tidak terlalu berminyak.

Apakah kue leker bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, kue leker bisa disimpan dalam waktu yang lama asalkan disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di tempat yang kering dan sejuk. Kue leker bisa disimpan dalam waktu 1-2 minggu.

Bagaimana cara membuat kue leker yang berbentuk bulat?

Untuk membuat kue leker yang berbentuk bulat, Anda bisa menggunakan wajan khusus leker yang berbentuk bulat. Selain itu, tuangkan adonan kue leker dengan jumlah yang lebih sedikit agar lebih mudah dibentuk menjadi bulat.

Apakah ada bahan pengganti santan untuk membuat kue leker?

Ya, ada beberapa bahan pengganti santan untuk membuat kue leker, seperti susu cair atau susu bubuk yang dicampur dengan air. Namun, penggantian santan bisa mempengaruhi rasa dan tekstur kue leker.

Bagaimana cara membuat kue leker yang tahan lama?

Untuk membuat kue leker yang tahan lama, pastikan kue leker disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan di tempat yang kering dan sejuk. Selain itu, pastikan kue leker matang sempurna dan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Leker Garing Dan Renyah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :