Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem

Kue lumpur kentang adalah salah satu jenis kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, kentang, dan gula yang dicampur dengan air dan dimasak di atas wajan. Resep kue lumpur kentang yang akan dibahas kali ini adalah resep dari nyonya Liem, yang terkenal dengan cita rasa kue-kue tradisionalnya yang lezat.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue lumpur kentang ala nyonya Liem, Anda memerlukan beberapa bahan berikut:

  • 200 gram kentang ukuran sedang, dikukus dan dihaluskan
  • 100 gram tepung terigu
  • 75 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 300 ml air matang
  • 2 lembar daun pandan, diikat simpul
  • 100 ml santan kental
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah membuat kue lumpur kentang ala nyonya Liem:

1. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk hingga rata.

2. Masukkan Kentang Halus

Tambahkan kentang yang telah dihaluskan ke dalam campuran tepung terigu tadi. Aduk hingga rata.

3. Masak Air, Gula Pasir, dan Daun Pandan

Masukkan air matang ke dalam panci. Tambahkan gula pasir dan daun pandan. Masak dengan api sedang hingga gula larut dan air mendidih.

4. Masukkan Campuran Kentang dan Tepung ke dalam Air Gula

Tuang campuran kentang dan tepung ke dalam panci yang berisi air gula. Aduk-aduk hingga rata.

5. Tambahkan Santan

Tambahkan santan kental ke dalam campuran kue lumpur kentang. Aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental.

6. Siapkan Wajan

Siapkan wajan dan olesi dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan wajan dengan api kecil.

7. Tuang Adonan ke Wajan

Tuang adonan kue lumpur kentang ke dalam wajan. Tutup wajan dan biarkan hingga kue matang di bagian bawah. Kemudian, balik kue dan biarkan hingga matang sempurna.

8. Angkat dan Sajikan

Angkat kue lumpur kentang dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Kue lumpur kentang ala nyonya Liem siap disantap.

Varian Rasa

Jika ingin mencoba varian rasa lain, Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti keju parut, cokelat batangan yang dicincang, atau kacang tanah goreng yang dihaluskan ke dalam adonan. Tambahkan bahan-bahan tersebut setelah campuran kentang dan tepung diaduk rata.

People also ask:

1. Bagaimana cara membuat kue lumpur kentang?

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lumpur kentang?

3. Bagaimana cara mengolah kentang agar bisa digunakan sebagai bahan utama dalam kue lumpur?

4. Apa yang membuat kue lumpur kentang ala nyonya Liem berbeda dengan kue lumpur kentang lainnya?

Jawaban:

1. Untuk membuat kue lumpur kentang, pertama-tama campurkan bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir, dan garam. Kemudian, masukkan kentang yang telah dihaluskan ke dalam campuran tepung terigu tadi. Masak air matang, gula pasir, dan daun pandan hingga mendidih. Setelah itu, tuang campuran kentang dan tepung ke dalam panci yang berisi air gula. Tambahkan santan kental ke dalam campuran kue lumpur kentang dan aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental. Siapkan wajan, olesi dengan minyak goreng, dan panaskan. Tuang adonan kue lumpur kentang ke dalam wajan dan biarkan hingga matang di bagian bawah. Balik kue dan biarkan hingga matang sempurna. Angkat dan sajikan.

2. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lumpur kentang antara lain kentang, tepung terigu, gula pasir, garam, air matang, daun pandan, santan kental, dan minyak goreng.

3. Untuk mengolah kentang agar bisa digunakan sebagai bahan utama dalam kue lumpur, pertama-tama kentang perlu dikukus terlebih dahulu sampai benar-benar empuk. Setelah itu, haluskan kentang menggunakan blender atau alat penghancur makanan lainnya.

4. Kue lumpur kentang ala nyonya Liem memiliki cita rasa yang khas dan lezat karena menggunakan campuran kentang yang telah dihaluskan dan santan kental. Selain itu, resep kue lumpur kentang nyonya Liem juga mengandung daun pandan yang memberikan aroma yang harum dan segar.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lumpur Kentang Ny Liem ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :