Resep Kue Lumpur Lapindo Khas Sidoarjo

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lumpur Lapindo Khas Sidoarjo salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lumpur Lapindo Khas Sidoarjo

Kue lumpur lapindo adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Sidoarjo. Makanan ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Kue lumpur lapindo dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah. Berikut adalah resep kue lumpur lapindo khas Sidoarjo:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue lumpur lapindo, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm air kapur sirih
  • 500 ml air kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt vanili
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya pewarna makanan
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat Adonan Kue Lumpur Lapindo

Untuk membuat adonan kue lumpur lapindo, pertama-tama campurkan tepung ketan, tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Selanjutnya, tambahkan air kelapa sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. Setelah itu, tambahkan air kapur sirih, vanili, dan daun pandan. Aduk kembali hingga tercampur rata.

Cara Menggoreng Kue Lumpur Lapindo

Untuk menggoreng kue lumpur lapindo, pertama-tama panaskan minyak di dalam wajan dengan api sedang. Ambil adonan kue lumpur lapindo dengan sendok sayur dan masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kedua sisi kue berubah warna menjadi kecoklatan dan matang.

Cara Menyajikan Kue Lumpur Lapindo

Setelah kue lumpur lapindo matang, angkat dan tiriskan. Sajikan kue lumpur lapindo dalam piring saji dan berikan tambahan topping sesuai selera seperti kelapa parut, susu kental manis, atau cokelat leleh.

Itulah resep kue lumpur lapindo khas Sidoarjo yang dapat dicoba di rumah. Selamat mencoba!

Banyak orang yang juga bertanya mengenai cara membuat kue lumpur lapindo yang enak dan lembut. Jawabannya, bahan-bahan harus dicampur dengan benar dan adonan harus diaduk rata. Selain itu, penggunaan tepung ketan juga membuat kue lumpur lapindo menjadi lembut. Jangan lupa untuk menggoreng kue lumpur lapindo hingga matang dan berwarna kecoklatan. Dengan cara ini, kue lumpur lapindo akan terasa enak dan lezat!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lumpur Lapindo Khas Sidoarjo ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :