Resep Kue Mangkok Pake Tape Dan Soda

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Mangkok Pake Tape Dan Soda salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Mangkok Pake Tape Dan Soda

Kue mangkok pake tape dan soda adalah salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini memiliki rasa manis dan lezat yang cocok untuk disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue ini di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue mangkok pake tape dan soda, Anda membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • 100 gram tape ketan hitam
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdm margarin, lelehkan
  • 200 ml air matang
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue mangkok pake tape dan soda:

1. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, gula pasir, soda kue, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan sendok.

2. Tambahkan Telur dan Margarin

Tambahkan telur dan margarin yang telah dilelehkan ke dalam campuran bahan kering. Aduk rata menggunakan mixer atau whisker hingga adonan tercampur sempurna.

3. Tambahkan Air

Tambahkan air secara perlahan ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

4. Tambahkan Tape Ketan Hitam

Tambahkan tape ketan hitam ke dalam adonan. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

5. Siapkan Loyang

Siapkan loyang kue mangkok dan olesi dengan margarin tipis-tipis.

6. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang hingga setengah penuh. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dipanggang.

7. Panggang Kue

Panggang kue dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 derajat Celcius selama 25-30 menit atau hingga kue matang dan berwarna kecoklatan.

8. Angkat dan Dinginkan

Angkat kue dari oven dan biarkan dingin sebentar di atas rak kawat. Setelah dingin, kue mangkok pake tape dan soda siap disajikan.

Tips dan Trik

Jika Anda ingin kue mangkok pake tape dan soda yang lebih lembut, Anda bisa menambahkan 1 sdt baking powder ke dalam adonan. Jangan terlalu sering membuka oven saat kue dipanggang karena suhu dalam oven akan turun dan kue tidak akan matang dengan baik.

Jika Anda ingin kue mangkok pake tape dan soda yang lebih gurih, Anda bisa menambahkan sedikit kelapa parut ke dalam adonan. Anda juga bisa menambahkan sedikit vanila atau pandan untuk memberikan aroma yang lebih sedap.

People also ask, apakah kue mangkok pake tape dan soda bisa dibuat dengan tape ketan putih? Jawabannya adalah bisa. Anda bisa mengganti tape ketan hitam dengan tape ketan putih jika tidak suka dengan warna kue yang terlalu gelap. Namun, rasanya akan sedikit berbeda karena tape ketan putih lebih manis dan tidak sehitam tape ketan hitam.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Mangkok Pake Tape Dan Soda ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :