Resep Kue Pepe Tepung Beras Pandan

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Pepe Tepung Beras Pandan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Pepe Tepung Beras Pandan

Kue pepe tepung beras pandan adalah salah satu jajanan tradisional yang sangat lezat dan populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan daun pandan. Rasanya manis dan aromanya wangi, membuat kue pepe ini sangat cocok dijadikan camilan atau hidangan penutup.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat kue pepe tepung beras pandan yang lezat, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

1. Tepung beras

Bahan pertama yang harus disiapkan adalah tepung beras. Tepung beras ini harus dipilih yang berkualitas tinggi agar hasilnya nanti menjadi lebih lembut dan enak.

2. Daun pandan

Daun pandan akan memberikan aroma yang wangi dan segar pada kue pepe. Anda dapat menggunakan daun pandan asli yang ditumbuk halus atau menggunakan ekstrak pandan yang sudah jadi.

3. Santan

Untuk memberikan rasa gurih pada kue pepe, Anda membutuhkan santan. Gunakan santan segar atau kemasan yang masih baru agar hasilnya lebih maksimal.

4. Gula pasir

Gula pasir akan memberikan rasa manis pada kue pepe. Sesuaikan jumlah gula pasir yang digunakan dengan selera Anda.

5. Air

Untuk melarutkan gula dan membuat adonan menjadi lebih encer, Anda membutuhkan air bersih.

6. Pewarna makanan

Anda dapat menggunakan pewarna makanan hijau atau pandan untuk memberikan warna pada kue pepe. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan pewarna makanan, Anda dapat mengabaikannya.

7. Minyak goreng

Minyak goreng digunakan untuk menggoreng kue pepe hingga matang dengan baik. Gunakan minyak goreng yang sehat dan tidak terlalu banyak untuk menghindari kue pepe menjadi terlalu berminyak.

Cara membuat kue pepe tepung beras pandan

Setelah semua bahan siap, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue pepe tepung beras pandan yang lezat:

1. Campurkan tepung beras, daun pandan, dan santan

Campurkan tepung beras, daun pandan, dan santan dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

2. Tambahkan gula dan air

Tambahkan gula pasir dan air ke dalam campuran tepung beras. Aduk hingga gula larut dan adonan menjadi lebih encer.

3. Tambahkan pewarna makanan (opsional)

Jika ingin memberikan warna pada kue pepe, Anda dapat menambahkan pewarna makanan hijau atau pandan. Aduk hingga warna tercampur rata.

4. Panaskan minyak goreng

Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menggoreng kue pepe.

5. Masukkan adonan ke dalam cetakan

Gunakan cetakan kue pepe atau cetakan kue lapis untuk membentuk adonan menjadi bulatan kecil. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan tekan-tekan sedikit agar adonan merata.

6. Goreng kue pepe hingga matang

Masukkan cetakan yang sudah berisi adonan ke dalam minyak panas. Goreng kue pepe hingga matang dengan api kecil hingga warnanya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Setelah kue pepe tepung beras pandan matang dan dingin, Anda dapat menyajikannya dalam wadah yang cantik atau disajikan langsung di atas piring. Kue pepe ini akan sangat lezat jika disajikan bersama teh atau kopi.

People also ask: Apa yang membuat kue pepe tepung beras pandan menjadi lembut dan enak?

Jawab: Kue pepe tepung beras pandan yang lembut dan enak dapat dicapai dengan menggunakan tepung beras berkualitas tinggi, santan segar atau kemasan yang masih baru, dan jumlah air yang tepat. Selain itu, jangan terlalu sering mengaduk adonan agar teksturnya tetap lembut dan tidak kenyal. Aroma pandan yang segar juga akan membuat kue pepe menjadi lebih lezat.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Pepe Tepung Beras Pandan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :