Resep Kue Tradisional Bugis Bolu Peca

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Tradisional Bugis Bolu Peca salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Tradisional Bugis Bolu Peca

Kue tradisional Bugis memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah bolu peca. Bolu peca adalah kue yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula, susu, dan telur. Rasanya yang manis dengan sensasi gurih dan legit membuat kue ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Bugis. Berikut adalah resep kue tradisional Bugis bolu peca yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Untuk membuat bolu peca, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 250 gram gula pasir
  • 250 ml susu cair
  • 6 butir telur ayam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram margarin, lelehkan

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bolu peca:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Pastikan bahan yang digunakan sudah diukur dengan benar dan disiapkan di meja kerja atau di atas meja dapur.

2. Kocok Telur dan Gula

Ambil mangkuk besar, kocok telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Kocok selama kurang lebih 10 menit agar telur benar-benar mengembang.

3. Tambahkan Tepung Terigu dan Susu

Tambahkan tepung terigu, susu, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata dengan menggunakan spatula. Jangan terlalu banyak mengaduk agar adonan tidak overmixing.

4. Tambahkan Margarin Cair

Tambahkan margarin yang telah dilelehkan ke dalam adonan. Aduk rata hingga tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan.

5. Tuang ke Dalam Loyang

Siapkan loyang berukuran 20×20 cm yang telah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya dengan spatula.

6. Panggang Bolu

Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang bolu selama kurang lebih 40-50 menit atau hingga matang dan kecoklatan di atas permukaannya.

7. Sajikan Bolu Peca

Ambil bolu peca dari oven dan dinginkan dalam loyang selama 5-10 menit. Setelah itu, balikkan bolu peca ke atas piring saji dan potong-potong sesuai selera. Bolu peca siap disajikan.

Tips Membuat Bolu Peca

Agar bolu peca yang kamu buat menjadi lebih lezat dan empuk, kamu bisa mengikuti tips berikut:

  • Pastikan telur yang digunakan berukuran besar dan suhu ruang.
  • Kocok telur dan gula dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit hingga mengembang dan berwarna putih pucat.
  • Gunakan tepung terigu protein sedang agar bolu peca tidak terlalu berat.
  • Lelehkan margarin dengan api kecil agar tidak terlalu panas dan tidak terbakar.
  • Jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar bolu peca tidak mengembang terlalu banyak.
  • Gunakan loyang berukuran 20×20 cm agar bolu peca tidak terlalu tipis atau terlalu tebal.
  • Panggang bolu peca pada suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 40-50 menit atau hingga matang dan kecoklatan di atas permukaannya.

Jadi, itulah resep kue tradisional Bugis bolu peca yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak, kue ini juga mudah dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan (frequently asked questions) seputar bolu peca:

1. Apa itu bolu peca?

Bolu peca adalah kue tradisional Bugis yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula, susu, dan telur. Rasanya yang manis dengan sensasi gurih dan legit membuat kue ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Bugis.

2. Bagaimana cara membuat bolu peca?

Untuk membuat bolu peca, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, susu, telur, baking powder, vanili bubuk, garam, dan margarin. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan, mengocok telur dan gula hingga mengembang, menambahkan margarin cair, dan memanggangnya dalam oven pada suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 40-50 menit.

3. Apa tips untuk membuat bolu peca yang enak dan empuk?

Beberapa tips untuk membuat bolu peca yang enak dan empuk adalah menggunakan telur yang berukuran besar, kocok telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih pucat, menggunakan tepung terigu protein sedang, mencampurkan margarin cair ke dalam adonan, dan memanggangnya pada suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 40-50 menit.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Tradisional Bugis Bolu Peca ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :