Resep Membuat Kue Bolu Panggang Yang Lembut

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Membuat Kue Bolu Panggang Yang Lembut salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Membuat Kue Bolu Panggang Yang Lembut

Kue bolu panggang adalah salah satu kue yang banyak disukai oleh banyak orang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Ada banyak resep untuk membuat kue bolu panggang yang lembut, namun dalam artikel ini saya akan membagikan resep yang telah teruji dan terbukti menghasilkan kue bolu panggang yang lembut dan enak.

Bahan-bahan untuk membuat kue bolu panggang yang lembut

Sebelum memulai membuat kue bolu panggang, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan dalam kondisi yang baik. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Telur

Telur adalah salah satu bahan dasar dalam membuat kue bolu panggang. Pastikan telur yang digunakan dalam keadaan segar dan suhu ruang agar mudah diolah. Jumlah telur yang digunakan tergantung pada ukuran kue yang ingin dibuat. Untuk kue bolu panggang ukuran sedang, gunakan 4 butir telur.

2. Gula Pasir

Gula pasir digunakan untuk memberikan rasa manis pada kue bolu panggang. Gunakan gula pasir sebanyak 200 gram atau sesuai dengan selera.

3. Tepung Terigu

Tepung terigu digunakan sebagai bahan pengembang pada kue bolu panggang. Gunakan tepung terigu sebanyak 200 gram dan pastikan tepung yang digunakan memiliki kadar protein sedang.

4. Margarin

Margarin digunakan sebagai pengganti mentega pada resep ini. Margarin yang digunakan harus dalam keadaan lembut dan mudah dicampurkan dengan bahan lainnya. Gunakan margarin sebanyak 100 gram.

5. Susu Cair

Susu cair digunakan untuk memberikan kelembutan pada kue bolu panggang. Gunakan susu cair sebanyak 100 ml dan pastikan suhu susu adalah suhu ruang.

6. Baking Powder

Baking powder digunakan sebagai bahan pengembang pada kue bolu panggang. Gunakan baking powder sebanyak 1 sendok teh dan pastikan baking powder yang digunakan masih dalam masa aktifnya.

Cara membuat kue bolu panggang yang lembut

Setelah semua bahan tersedia, berikut adalah cara membuat kue bolu panggang yang lembut:

1. Siapkan bahan

Pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan dalam keadaan baik. Keluarkan semua bahan dari kulkas dan biarkan mencapai suhu ruang.

2. Siapkan loyang

Siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang kue bolu panggang. Oleskan margarin tipis-tipis pada seluruh permukaan loyang dan taburi dengan tepung terigu. Pastikan loyang dalam keadaan bersih dan kering.

3. Campurkan telur dan gula pasir

Pecahkan telur dalam mangkuk besar dan tambahkan gula pasir. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan berwarna putih pucat.

4. Tambahkan tepung terigu dan baking powder

Tambahkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur dan gula pasir secara bertahap, sambil terus dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Pastikan adonan tercampur rata.

5. Tambahkan susu cair dan margarin

Tambahkan susu cair dan margarin ke dalam adonan sedikit-sedikit sambil tetap dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Pastikan adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

6. Tuang adonan ke dalam loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan dan ratakan permukaannya menggunakan spatula.

7. Panggang kue bolu

Panggang kue bolu di dalam oven dengan suhu 170 derajat Celsius selama 30-35 menit atau hingga kue matang dan permukaannya kecoklatan. Jangan membuka oven terlalu sering selama proses pemanggangan agar kue tidak turun.

8. Keluarkan kue dari oven

Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan kue dari loyang dan biarkan dingin sepenuhnya di atas rak kawat.

9. Hias kue bolu panggang

Jika ingin, hias kue bolu panggang dengan gula bubuk atau buah-buahan sesuai dengan selera.

10. Sajikan kue bolu panggang

Sajikan kue bolu panggang yang lembut dan enak bersama keluarga atau teman-teman. Nikmati kue dengan secangkir teh atau kopi.

Berikut adalah jawaban untuk beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang resep membuat kue bolu panggang yang lembut:

1. Apakah tepung terigu yang digunakan harus tepung terigu protein tinggi?

Tidak, tepung terigu yang digunakan harus memiliki kadar protein sedang agar kue bolu panggang menjadi lembut.

2. Apakah margarin dapat diganti dengan mentega?

Ya, margarin dapat diganti dengan mentega namun pastikan mentega dalam keadaan lembut dan memiliki kualitas yang baik.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanggang kue bolu panggang?

Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang kue bolu panggang sekitar 30-35 menit atau hingga kue matang dan permukaannya kecoklatan.

4. Apakah oven harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum memanggang kue bolu panggang?

Ya, oven harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum memanggang kue bolu panggang agar suhu dalam oven merata dan kue matang dengan baik.

5. Apakah kue bolu panggang ini cocok untuk dijadikan kue ulang tahun?

Ya, kue bolu panggang ini cocok untuk dijadikan kue ulang tahun dengan tambahan hiasan sesuai dengan selera.

Terima kasih sudah membaca Resep Membuat Kue Bolu Panggang Yang Lembut ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :