Resep Sambal Ati Ampela Pedas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ati Ampela Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ati Ampela Pedas

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal ati ampela pedas. Sambal ini merupakan salah satu sambal khas Indonesia yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggigit. Bagi kamu yang suka dengan makanan pedas, sambal ati ampela pedas bisa menjadi menu wajib di rumah. Berikut ini adalah resep sambal ati ampela pedas yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ati ampela pedas ini cukup mudah didapat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram ati ampela ayam
  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 10 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Untuk membuat sambal ati ampela pedas ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Membersihkan ati ampela ayam

Pertama-tama, bersihkan ati ampela ayam dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Kemudian, rebus ati ampela ayam dengan air mendidih hingga matang. Setelah itu, tiriskan dan potong-potong sesuai selera.

2. Membuat bumbu halus

Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan garam dengan blender atau ulekan. Jangan lupa, tambahkan sedikit air agar bumbu mudah dihaluskan.

3. Menumis bumbu halus

Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum dan matang. Kemudian, masukkan potongan ati ampela ayam dan aduk rata.

4. Memasukkan tomat

Selanjutnya, masukkan tomat yang sudah dipotong-potong kecil-kecil ke dalam tumisan ati ampela. Aduk rata dan tunggu hingga tomat layu.

5. Mengatur rasa

Setelah itu, tambahkan gula pasir secukupnya dan air matang secukupnya. Aduk rata dan tunggu hingga bumbu meresap dan kuah mengental.

6. Sajikan

Sambal ati ampela pedas siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya dengan nasi hangat atau sebagai pelengkap makanan lainnya.

Itulah resep sambal ati ampela pedas yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Jawaban untuk people also ask:

1. Apa saja jenis ayam yang cocok untuk membuat sambal ati ampela pedas?

Jawaban: Ayam kampung atau ayam negeri biasanya lebih cocok untuk membuat sambal ati ampela pedas karena teksturnya yang lebih kenyal.

2. Bisakah sambal ati ampela pedas disimpan lama?

Jawaban: Sambal ati ampela pedas bisa disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Namun, sebaiknya disajikan dalam keadaan segar agar lebih nikmat.

3. Bagaimana cara membuat sambal ati ampela pedas yang lebih pedas?

Jawaban: Kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabai jenis lain yang lebih pedas untuk membuat sambal ati ampela pedas yang lebih pedas.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ati Ampela Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :