Resep Sambal Ayam Bakar Lalapan

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ayam Bakar Lalapan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ayam Bakar Lalapan

Resep Sambal Ayam Bakar Lalapan Sambal ayam bakar lalapan adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat terkenal. Hidangan yang satu ini memang memiliki cita rasa yang istimewa dan sangat cocok disajikan sebagai makanan utama di rumah atau saat berkumpul bersama keluarga dan teman. Bagi kamu yang ingin mencoba menyajikan hidangan sambal ayam bakar lalapan, berikut adalah resep yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan semua bahan yang diperlukan sudah siap. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan: – 1 ekor ayam utuh (potong menjadi beberapa bagian) – 2 buah jeruk nipis – 2 sendok makan air asam jawa – 3 siung bawang putih (haluskan) – 5 buah cabai merah besar (haluskan) – 5 buah cabai rawit (haluskan) – 1 sendok makan garam – 1 sendok makan gula pasir – 1 sendok teh merica bubuk – 5 lembar daun jeruk purut – 2 batang serai (memarkan) – 3 lembar daun salam – Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Ayam Bakar Lalapan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan ayam dengan air dan jeruk nipis. Setelah itu, lumuri ayam dengan air asam jawa dan garam, lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, campurkan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, garam, gula pasir, merica bubuk, daun jeruk purut, serai, dan daun salam. Aduk rata dan masukkan ayam yang sudah dibersihkan tadi. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap. Setelah itu, bakar ayam di atas bara api atau panggangan dengan api sedang sampai matang dan kecokelatan. Sambil memanggang, balik ayam secara berkala dan olesi dengan sisa bumbu yang ada. Terakhir, sajikan ayam bakar lalapan dengan nasi putih, lalapan (daun kemangi, mentimun, dan tomat), serta sambal terasi atau sambal kecap.

Tips Membuat Sambal Ayam Bakar Lalapan yang Enak

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat membuat sambal ayam bakar lalapan. Berikut adalah tipsnya: 1. Gunakan ayam kampung yang lebih enak dan sehat. 2. Lumuri ayam dengan air asam jawa dan garam agar daging menjadi empuk dan bumbu meresap dengan baik. 3. Jangan terlalu sering membalik ayam saat memanggang agar daging tidak cepat kering. 4. Jika ingin lebih pedas, tambahkan cabai rawit atau cabai merah sesuai selera.

Resep Sambal Ayam Bakar Lalapan yang Praktis

Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat sambal ayam bakar lalapan dari awal, kamu bisa membeli bumbu ayam bakar instan yang sudah tersedia di pasaran. Kamu hanya perlu mencampurkan bumbu instan tersebut dengan air dan ayam, lalu memanggangnya seperti biasa. People also ask tentang sambal ayam bakar lalapan: – Bagaimana cara membuat ayam bakar lalapan yang empuk? – Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ayam bakar lalapan? – Bagaimana cara membuat sambal ayam bakar lalapan yang pedas? – Apa yang bisa disajikan bersama sambal ayam bakar lalapan? Jawabannya adalah: – Untuk membuat ayam bakar lalapan yang empuk, kamu harus memilih ayam yang segar dan berkualitas baik, serta merendamnya dalam bumbu yang sudah disiapkan selama beberapa jam. – Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ayam bakar lalapan antara lain ayam, jeruk nipis, air asam jawa, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, garam, gula pasir, merica bubuk, daun jeruk purut, serai, daun salam, dan minyak goreng. – Untuk membuat sambal ayam bakar lalapan yang pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabai merah sesuai selera. – Beberapa makanan yang bisa disajikan bersama sambal ayam bakar lalapan antara lain nasi putih, lalapan (daun kemangi, mentimun, dan tomat), sambal terasi, atau sambal kecap.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ayam Bakar Lalapan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :