Resep Sambal Ayam Penyet Bandung

Posted on

Resep Sambal Ayam Penyet Bandung salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Ayam Penyet Bandung

Ketika kita berbicara tentang masakan khas Bandung, salah satu yang paling terkenal adalah sambal ayam penyet. Sambal ayam penyet Bandung adalah hidangan yang terbuat dari ayam goreng yang disajikan dengan sambal pedas khas Bandung yang sangat nikmat. Jika Anda ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, berikut adalah resep sambal ayam penyet Bandung yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan: – 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian – 3 lembar daun salam – 2 batang serai, memarkan – 2 cm lengkuas, memarkan – 2 buah jeruk nipis, ambil airnya – 500 ml air – Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

– 10 buah cabai merah keriting – 5 buah cabai rawit – 7 butir bawang merah – 5 siung bawang putih – 2 cm kencur – 1 sdt terasi bakar – 1 sdt garam – 1 sdt gula pasir

Cara membuat sambal ayam penyet Bandung

Setelah bahan-bahan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah memasaknya. Berikut adalah cara membuat sambal ayam penyet Bandung: 1. Pertama-tama, lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap. 2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat ayam dan tiriskan. 3. Tumis bumbu halus bersama daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum. 4. Masukkan air dan aduk rata. Masak hingga bumbu matang dan air menyusut. 5. Letakkan ayam goreng ke dalam wajan berisi bumbu. Aduk rata dan masak hingga ayam terbalut bumbu. 6. Siapkan cobek dan ulek cabai rawit hingga halus. 7. Penyet ayam dengan menggunakan ulekan cabai rawit. 8. Sajikan sambal ayam penyet Bandung bersama nasi hangat.

Tips dan trik

– Jika Anda tidak suka makanan yang terlalu pedas, kurangi jumlah cabai rawit saat membuat sambal. – Gunakan ayam yang segar dan berkualitas agar rasa sambal ayam penyet menjadi lebih enak. – Anda juga bisa menambahkan irisan tomat dan mentimun sebagai pelengkap di dalam hidangan. People also ask: – Apa itu sambal ayam penyet Bandung? Sambal ayam penyet Bandung adalah hidangan khas Bandung yang terbuat dari ayam goreng yang disajikan dengan sambal pedas khas Bandung. – Bagaimana cara membuat sambal ayam penyet Bandung yang enak? Untuk membuat sambal ayam penyet Bandung yang enak, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas serta memperhatikan proporsi bumbu yang digunakan. – Apa yang bisa dijadikan pelengkap sambal ayam penyet Bandung? Beberapa pelengkap yang bisa dijadikan tambahan pada hidangan sambal ayam penyet Bandung antara lain nasi hangat, irisan tomat, dan mentimun.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ayam Penyet Bandung ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :