Resep Sambal Bajak Ati Ampela

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bajak Ati Ampela salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bajak Ati Ampela

Koki profesional harus memiliki banyak resep yang bisa disajikan kepada para tamu dengan berbagai selera. Salah satu resep yang bisa Anda coba adalah resep sambal bajak ati ampela. Sambal yang pedas dan sedikit manis ini cocok disajikan sebagai pelengkap hidangan utama. Berikut adalah resep sambal bajak ati ampela yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat sambal bajak ati ampela, pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • Ati ampela ayam, 250 gram
  • Bawang putih, 6 siung
  • Bawang merah, 4 butir
  • Cabe merah besar, 8 buah
  • Cabe rawit, 10 buah
  • Tomat, 2 buah
  • Terasi, 2 sendok makan
  • Gula merah, 1 sendok makan
  • Garam, 1 sendok teh
  • Aceh atau jeruk nipis, 1 buah

Cara Membuat Sambal Bajak Ati Ampela

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah membuat sambal bajak ati ampela. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membersihkan Ati Ampela Ayam

Pertama-tama, bersihkan ati ampela ayam sampai bersih. Potong-potong ati ampela ayam sesuai selera, lalu kukus selama 20 menit atau sampai empuk.

2. Menghaluskan Bumbu

Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, dan terasi dengan menggunakan blender atau ulekan. Jangan lupa tambahkan sedikit air untuk mempermudah proses penghalusan.

3. Memasak Bumbu

Panaskan minyak di wajan, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkan gula merah dan garam, aduk hingga rata.

4. Menambahkan Tomat dan Ati Ampela

Tambahkan tomat yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan, aduk hingga tomat layu. Kemudian, tambahkan ati ampela ayam yang sudah dikukus tadi. Aduk rata dan masak hingga semua bahan tercampur sempurna.

5. Mematangkan Sambal

Tambahkan sedikit air ke dalam wajan dan masak sambal bajak ati ampela tersebut hingga matang. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan tambahkan garam atau gula merah jika diperlukan.

6. Menambahkan Jeruk Nipis atau Aceh

Setelah sambal bajak ati ampela matang, tambahkan perasan jeruk nipis atau aceh ke dalamnya. Aduk rata dan angkat dari wajan.

Sambal bajak ati ampela siap disajikan sebagai pelengkap hidangan utama. Anda bisa menyajikannya bersama nasi putih dan lauk pauk kesukaan Anda.

Jika Anda ingin menambahkan variasi pada resep sambal bajak ati ampela ini, Anda bisa mencoba menambahkan bahan-bahan lain seperti kemiri atau daun jeruk purut. Namun, pastikan bahwa bahan-bahan yang ditambahkan bisa menyempurnakan rasa sambal bajak ati ampela Anda.

People also ask: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bajak ati ampela? Bagaimana cara membuat sambal bajak ati ampela yang pedas dan sedikit manis? Apa saja tips dalam membuat sambal bajak ati ampela yang enak?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bajak ati ampela antara lain ati ampela ayam, bawang putih, bawang merah, cabe merah besar, cabe rawit, tomat, terasi, gula merah, garam, dan jeruk nipis atau aceh. Cara membuat sambal bajak ati ampela yang pedas dan sedikit manis adalah dengan menghaluskan bumbu, memasak bumbu, menambahkan tomat dan ati ampela, mematangkan sambal, dan menambahkan jeruk nipis atau aceh. Tips dalam membuat sambal bajak ati ampela yang enak adalah mencicipi rasa sambal dan menyesuaikan garam atau gula merah sesuai selera.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bajak Ati Ampela ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :