Resep Sambal Bajak Jawa Timur

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bajak Jawa Timur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bajak Jawa Timur

Koki profesional pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis sambal yang ada di Indonesia. Salah satu sambal yang cukup populer yaitu sambal bajak Jawa Timur. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan nikmat. Bagi kalian yang ingin mencoba membuat sambal bajak Jawa Timur sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kalian coba.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal bajak Jawa Timur, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sdt terasi
  • Garam secukupnya
  • Gula aren secukupnya
  • Aceh/ jeruk nipis secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat sambal bajak Jawa Timur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Bersihkan dan Cuci Semua Bahan

Pertama-tama, bersihkan dan cuci semua bahan yang akan digunakan, seperti cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan tomat. Pastikan semua kotoran dan debu terbuang dengan baik.

2. Potong-potong Semua Bahan

Setelah semua bahan sudah bersih dan dicuci, potong-potong semua bahan tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah dihaluskan nanti.

3. Tumis Bahan-bahan yang Sudah Dipotong

Setelah semua bahan dipotong, panaskan wajan dengan minyak secukupnya. Tumis semua bahan yang sudah dipotong tadi hingga layu dan harum. Tambahkan terasi pada saat tumis agar aroma semakin nikmat.

4. Haluskan Bahan-bahan yang Sudah Ditumis

Setelah semua bahan sudah ditumis, angkat dan haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender atau cobek hingga halus.

5. Tambahkan Garam, Gula Aren, dan Air

Setelah semua bahan sudah halus, tambahkan garam, gula aren, dan air secukupnya agar sambal tidak terlalu kental. Aduk rata semua bahan tersebut.

6. Sajikan Sambal Bajak Jawa Timur

Setelah semua bahan sudah dicampur dengan rata, sambal bajak Jawa Timur siap disajikan. Sambal ini cocok disajikan bersama dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, sate, dan ayam bakar.

Jangan lupa untuk mencicipi sambal bajak Jawa Timur yang sudah kalian buat. Jika merasa kurang pedas atau kurang asam, kalian bisa menambahkan cabai atau jeruk nipis sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

People Also Ask

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar sambal bajak Jawa Timur dan jawabannya:

1. Apa itu sambal bajak Jawa Timur?

Sambal bajak Jawa Timur adalah sambal khas Jawa Timur yang terbuat dari cabai, bawang, jahe, lengkuas, dan terasi. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan nikmat.

2. Bagaimana cara membuat sambal bajak Jawa Timur yang enak?

Untuk membuat sambal bajak Jawa Timur yang enak, pastikan kalian menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Selain itu, perhatikan juga takaran garam, gula aren, dan air agar sambal tidak terlalu kental atau terlalu encer.

3. Apa yang bisa disajikan bersama dengan sambal bajak Jawa Timur?

Sambal bajak Jawa Timur cocok disajikan bersama dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, sate, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Rasanya yang pedas dan nikmat bisa menambah selera makan kalian.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar sambal bajak Jawa Timur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba membuat sambal bajak Jawa Timur sendiri di rumah.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bajak Jawa Timur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :