Resep Sambal Bajak Sajian Sedap

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bajak Sajian Sedap salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bajak Sajian Sedap

Kamu adalah seorang koki profesional yang ingin membagikan resep sambal bajak sajian sedap kepada pembaca. Sambal bajak merupakan salah satu sambal yang cukup populer di Indonesia. Sambal ini terbuat dari berbagai bahan seperti cabai, tomat, bawang, dan bumbu-bumbu lainnya. Sambal bajak biasanya disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah resep sambal bajak sajian sedap yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bajak sajian sedap antara lain:

  • 15 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt gula jawa
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat sambal bajak sajian sedap:

  1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng di dalam wajan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  3. Masukkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, jahe, dan kunyit. Tumis hingga cabai layu.
  4. Setelah itu, masukkan tomat dan terasi. Tumis hingga tomat layu.
  5. Aduk-aduk bahan tumisan hingga merata.
  6. Angkat bahan tumisan dan biarkan dingin.
  7. Setelah dingin, masukkan bahan tumisan ke dalam blender.
  8. Tambahkan gula jawa dan garam. Blender hingga halus.
  9. Sambal bajak siap disajikan.

Penyajian

Sambal bajak sajian sedap siap disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menyimpan sambal bajak di dalam kulkas untuk digunakan kembali.

Tip

Untuk mendapatkan rasa sambal bajak yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit merah sesuai dengan selera. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan air jeruk nipis jika ingin mendapatkan rasa yang lebih segar.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang sambal bajak:

1. Apa bedanya sambal bajak dengan sambal lainnya?

Sambal bajak memiliki rasa yang lebih khas karena terbuat dari berbagai bahan seperti cabai, tomat, bawang, dan bumbu-bumbu lainnya. Sambal ini juga memiliki tekstur yang agak kasar karena tidak dihaluskan secara maksimal.

2. Apakah sambal bajak pedas?

Ya, sambal bajak memiliki rasa pedas yang cukup kuat. Namun, tingkat kepedasan bisa disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan.

3. Apa saja makanan yang cocok disajikan dengan sambal bajak?

Sambal bajak cocok disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan lain sebagainya.

4. Berapa lama sambal bajak bisa disimpan?

Sambal bajak bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.

Demikianlah resep sambal bajak sajian sedap beserta tips dan jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang sambal bajak. Selamat mencoba di rumah!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bajak Sajian Sedap ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :