Resep Sambal Bakso Khas Garut

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bakso Khas Garut salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bakso Khas Garut

Kamu suka makan bakso? Kalau iya, kamu pasti tahu bahwa sambal bakso adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari makanan yang satu ini. Nah, kali ini saya akan berbagi resep sambal bakso khas Garut yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak!

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bakso khas Garut ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut ini daftarnya:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit (atau sesuai selera pedasnya)
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa langsung memulai membuat sambal bakso khas Garut ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bersih cabai, bawang, dan tomat lalu iris-iris kecil. Jangan lupa juga untuk memeras air jeruk nipis.

2. Goreng Cabai dan Bawang

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan cabai merah dan cabai rawit. Goreng hingga cabai layu dan bawang kecoklatan.

3. Tambahkan Tomat, Gula, Garam, dan Kaldu Bubuk

Selanjutnya, tambahkan iris-an tomat ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga tomat layu. Setelah itu, tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu bubuk. Aduk merata hingga semua bumbu tercampur sempurna.

4. Tambahkan Air Jeruk Nipis

Terakhir, tambahkan air jeruk nipis ke dalam sambal. Aduk rata dan matikan kompor. Sambal bakso khas Garut siap disajikan.

Tips

Untuk mendapatkan rasa sambal yang lebih enak, kamu bisa menambahkan sedikit air matang ke dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah cabai rawit sesuai dengan selera pedasmu.

Nah, itulah resep sambal bakso khas Garut yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People Also Ask:

Q: Apakah sambal bakso khas Garut selalu pedas?

A: Tergantung dari jumlah cabai rawit yang digunakan. Jika ingin lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit sesuai dengan selera.

Q: Apakah sambal bakso khas Garut cocok untuk orang yang tidak suka pedas?

A: Jika kamu tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit atau bahkan tidak menggunakan cabai rawit sama sekali.

Q: Apakah sambal bakso khas Garut bisa disimpan dalam waktu lama?

A: Sambal bakso khas Garut bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bakso Khas Garut ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :