Resep Sambal Balado Tahu Tempe

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Balado Tahu Tempe salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Balado Tahu Tempe

Ketika kita berbicara tentang masakan Indonesia, sambal adalah salah satu bumbu yang tak bisa terpisahkan. Ada banyak variasi sambal di Indonesia, salah satunya adalah sambal balado. Sambal balado memiliki rasa pedas yang khas dan umumnya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, ikan, atau tahu tempe. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep sambal balado tahu tempe yang mudah dan lezat. Yuk, simak!

Bahan-bahan

Sebelum kita mulai membuat sambal balado tahu tempe, pastikan kita memiliki semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1 blok tahu, potong dadu kecil
  • 1 blok tempe, potong dadu kecil
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh terasi
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai membuat sambal balado tahu tempe. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Goreng Tahu Tempe

Pertama-tama, kita perlu menggoreng tahu dan tempe terlebih dahulu sampai kecokelatan. Siapkan wajan dan minyak goreng yang cukup untuk menggoreng. Setelah itu, masukkan tahu dan tempe yang telah dipotong dadu kecil ke dalam wajan dan goreng sampai kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

2. Blender Bumbu Halus

Selanjutnya, kita perlu membuat bumbu halus untuk sambal balado. Blender cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula merah, dan garam sampai halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit agar bumbu mudah di-blender.

3. Tumis Bumbu Halus

Setelah bumbu halus jadi, panaskan sedikit minyak goreng di wajan dan tumis bumbu halus sampai harum. Aduk terus agar bumbu tidak gosong.

4. Masukkan Tahu Tempe

Setelah bumbu halus harum, masukkan tahu dan tempe yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam tahu dan tempe.

5. Masak Hingga Matang

Masak sambal balado tahu tempe sampai matang dan bumbu meresap ke dalam tahu dan tempe. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong. Setelah matang, angkat dan sambal balado tahu tempe siap disajikan.

Tips Tambahan

Agar sambal balado tahu tempe lebih lezat, bisa ditambahkan sedikit air jeruk nipis dan daun jeruk saat mengaduk bumbu halus. Selain itu, pastikan tahu dan tempe benar-benar kering sebelum digoreng agar hasilnya lebih renyah.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan bahan lain seperti daun bawang atau kemangi untuk memberikan aroma yang lebih segar. Jangan takut mencoba variasi bahan dan rasa sesuai dengan selera kita sendiri.

Demikian resep sambal balado tahu tempe yang mudah dan lezat. Selamat mencoba!

People Also Ask

Q: Apa itu sambal balado?

A: Sambal balado adalah salah satu jenis sambal khas Indonesia yang terbuat dari cabai, bawang, dan bumbu lainnya. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas dan umumnya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, ikan, atau tahu tempe.

Q: Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal balado?

A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal balado antara lain cabai, bawang, gula, garam, terasi, air, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara membuat sambal balado yang pedas?

A: Untuk membuat sambal balado yang pedas, kita bisa menambahkan cabai rawit atau cabai merah keriting yang lebih banyak. Selain itu, kita juga bisa menambahkan cabe bubuk atau sambal oelek jika ingin lebih pedas.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Balado Tahu Tempe ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :