Resep Sambal Bawang Bu Rudy Surabaya

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bawang Bu Rudy Surabaya salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Bu Rudy Surabaya

Kamu adalah seorang koki profesional yang ingin membagikan resep sambal bawang bu Rudy Surabaya yang lezat dan mantap. Sambal bawang ini sangat terkenal di Surabaya dan menjadi favorit banyak orang. Sambal bawang bu Rudy Surabaya memiliki rasa yang unik dan pedas yang cocok untuk kamu yang suka makanan pedas. Berikut adalah resep sambal bawang bu Rudy Surabaya yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat sambal bawang bu Rudy Surabaya, kamu harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram cabe rawit
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 2 sendok teh gula
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh terasi
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan, kamu bisa mulai membuat sambal bawang bu Rudy Surabaya. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Cuci bersih cabe rawit

Cabe rawit adalah bahan utama dalam sambal bawang bu Rudy Surabaya. Cuci bersih cabe rawit dengan air mengalir dan tiriskan.

2. Iris bawang merah dan bawang putih

Iris bawang merah dan bawang putih sesuai selera. Kamu bisa iris tipis atau kasar, tergantung pada selera. Jika kamu suka dengan rasa bawang yang kuat, iris bawang merah dan putih lebih banyak.

3. Potong tomat

Potong tomat menjadi beberapa bagian agar mudah dihaluskan nanti.

4. Haluskan cabe rawit dan tomat

Haluskan cabe rawit dan tomat dengan blender atau ulekan. Jika kamu menggunakan blender, tambahkan sedikit air agar cabe rawit dan tomat lebih mudah dihaluskan.

5. Tumis bawang merah dan bawang putih

Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris sampai harum dan agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

6. Tambahkan terasi

Tambahkan terasi ke dalam tumisan bawang merah dan bawang putih. Aduk rata dan tumis lagi sampai terasi matang dan harum.

7. Campurkan semua bahan

Campurkan cabe rawit dan tomat yang sudah dihaluskan dengan tumisan bawang merah, bawang putih, dan terasi. Aduk rata.

8. Tambahkan gula dan garam

Tambahkan gula dan garam ke dalam campuran sambal bawang bu Rudy Surabaya. Aduk rata.

9. Tumis campuran sambal bawang bu Rudy Surabaya

Tumis campuran sambal bawang bu Rudy Surabaya dengan minyak goreng secukupnya. Tumis sampai sambal matang dan beraroma harum.

10. Sajikan sambal bawang bu Rudy Surabaya

Sambal bawang bu Rudy Surabaya siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas agar tahan lama dan tetap segar.

Penutup

Sambal bawang bu Rudy Surabaya sangat cocok untuk kamu yang suka makanan pedas. Rasa pedas dari cabe rawit yang dihaluskan dengan bahan-bahan lainnya menciptakan citarasa yang khas. Kamu bisa menikmati sambal bawang bu Rudy Surabaya dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi, mie, atau sayur. Selamat mencoba!

Jawaban dari pertanyaan People Also Ask adalah sambal bawang bu Rudy Surabaya terkenal di Surabaya karena rasanya yang unik dan pedas. Bahan utama sambal bawang bu Rudy Surabaya adalah cabe rawit yang dihaluskan dengan bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula, dan garam. Sambal bawang bu Rudy Surabaya bisa disajikan dengan berbagai jenis makanan dan cocok untuk kamu yang suka makanan pedas.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Bu Rudy Surabaya ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :