Resep Sambal Bawang Cabe Rawit Hijau

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bawang Cabe Rawit Hijau salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Cabe Rawit Hijau

Koki profesional tentunya memiliki banyak resep andalan yang dapat membuat lidah orang terasa nikmat. Salah satunya adalah resep sambal bawang cabe rawit hijau. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas dan cocok untuk menyedapkan berbagai macam masakan. Berikut adalah resep sambal bawang cabe rawit hijau yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal bawang cabe rawit hijau, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 15 buah cabe rawit hijau
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 2 buah tomat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa langsung memulai membuat sambal bawang cabe rawit hijau dengan langkah-langkah berikut:

1. Cuci bersih semua bahan

Sebelum digunakan, pastikan kamu mencuci semua bahan dengan bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran atau zat-zat berbahaya yang menempel.

2. Iris halus bawang putih dan bawang merah

Setelah bersih, iris bawang putih dan bawang merah dengan ukuran yang kecil dan halus. Hal ini akan membuat bumbu lebih mudah dihaluskan nantinya.

3. Potong-potong tomat

Selanjutnya, potong tomat ke dalam beberapa bagian agar lebih mudah dihaluskan bersama dengan bawang putih dan bawang merah.

4. Haluskan bumbu

Setelah semua bahan dipersiapkan, haluskan bawang putih, bawang merah, dan tomat menggunakan blender atau ulekan. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan gula pasir agar sambal memiliki rasa yang pas.

5. Tumis bumbu halus

Panaskan minyak goreng di dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong.

6. Tambahkan cabe rawit hijau

Setelah bumbu halus matang, tambahkan cabe rawit hijau yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Aduk dan tumis sampai cabe rawit hijau terlihat layu dan matang.

7. Koreksi rasa

Sebelum diangkat, koreksi rasa sambal bawang cabe rawit hijau yang sudah dibuat. Tambahkan garam atau gula pasir sesuai selera jika dirasa masih kurang.

8. Angkat dan sajikan

Setelah dirasa sudah pas, angkat sambal bawang cabe rawit hijau dan sajikan di dalam mangkuk atau wadah kecil. Sambal siap disajikan bersama dengan makanan kesukaanmu.

Sambal bawang cabe rawit hijau siap dihidangkan dan disantap bersama dengan masakan kesukaanmu. Kamu bisa menyimpan sambal ini di dalam kulkas agar lebih awet dan tahan lama. Selamat mencoba!

People Also Ask

1. Apa saja manfaat dari sambal bawang cabe rawit hijau?

Sambal bawang cabe rawit hijau memiliki manfaat sebagai antioksidan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu mengatasi masalah pencernaan.

2. Berapa lama sambal bawang cabe rawit hijau dapat disimpan?

Jika disimpan di dalam kulkas, sambal bawang cabe rawit hijau dapat bertahan hingga 1 minggu lamanya.

3. Apakah sambal bawang cabe rawit hijau dapat membuat perut kembung?

Sambal bawang cabe rawit hijau memang dapat menyebabkan perut kembung jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi sambal ini dengan bijak dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Cabe Rawit Hijau ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :