Resep Sambal Bawang Ikan Asin

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bawang Ikan Asin salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Ikan Asin

Kamu adalah seorang koki profesional yang ingin berbagi resep tentang sambal bawang ikan asin. Sambal bawang ikan asin adalah salah satu sambal yang populer di Indonesia. Sambal ini terbuat dari bawang merah, ikan asin, dan beberapa bahan lainnya. Sambal bawang ikan asin memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, cocok untuk menemani hidangan nasi putih dan lauk pauk. Berikut ini adalah resep sambal bawang ikan asin yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal bawang ikan asin, kamu harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • 100 gram ikan asin
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Iris bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan tomat. Pisahkan ikan asin dari tulangnya dan cincang kasar.
  2. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang merah hingga harum dan layu.
  3. Masukkan cabai merah dan cabai rawit. Tumis hingga cabai layu.
  4. Masukkan ikan asin dan tomat. Tumis hingga tomat layu.
  5. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata.
  6. Angkat sambal dari wajan dan biarkan dingin.
  7. Sambal bawang ikan asin siap dihidangkan.

Tips Membuat

Agar sambal bawang ikan asin lebih enak, kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis atau air asam jawa. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan irisan daun jeruk atau daun kemangi untuk memberikan aroma yang lebih segar.

Sejarah Sambal Bawang Ikan Asin

Sambal bawang ikan asin merupakan salah satu sambal yang berasal dari Jawa Tengah. Sambal ini awalnya dibuat oleh para nelayan sebagai lauk pauk yang praktis dan mudah dibawa ke laut. Saat ini, sambal bawang ikan asin menjadi salah satu sambal yang populer di Indonesia dan banyak dijual di pasar tradisional.

People also ask…

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bawang ikan asin?

Jawaban: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bawang merah, cabai merah, cabai rawit, tomat, ikan asin, gula pasir, garam, dan minyak goreng.

2. Bagaimana cara membuat sambal bawang ikan asin?

Jawaban: Pertama, iris bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan tomat. Pisahkan ikan asin dari tulangnya dan cincang kasar. Kemudian, tumis bawang merah hingga harum dan layu. Masukkan cabai merah dan cabai rawit. Tumis hingga cabai layu. Masukkan ikan asin dan tomat. Tumis hingga tomat layu. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata. Angkat sambal dari wajan dan biarkan dingin. Sambal bawang ikan asin siap dihidangkan.

3. Dari mana asal-usul sambal bawang ikan asin?

Jawaban: Sambal bawang ikan asin berasal dari Jawa Tengah dan awalnya dibuat oleh para nelayan sebagai lauk pauk yang praktis dan mudah dibawa ke laut.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Ikan Asin ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :