Resep Sambal Bawang Jawa Timur

Posted on

Resep Sambal Bawang Jawa Timur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Bawang Jawa Timur

Kamu mencari resep sambal bawang yang pedas dan nikmat? Cobalah resep sambal bawang khas Jawa Timur yang populer ini! Sambal bawang Jawa Timur memiliki cita rasa pedas yang khas, dengan aroma bawang yang kuat dan citarasa sedikit manis.

Bahan-bahan

Untuk membuat sambal bawang Jawa Timur, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai keriting merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat sambal bawang Jawa Timur:

  1. Cuci bersih semua bahan dan iris-iris cabai, bawang putih, dan bawang merah.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
  3. Tambahkan terasi dan gula merah ke dalam tumisan bawang, aduk hingga terasi dan gula merah larut.
  4. Masukkan cabai rawit dan cabai keriting, aduk rata dan masak hingga matang.
  5. Tambahkan air jeruk nipis dan garam, aduk rata dan matikan api.
  6. Angkat sambal bawang Jawa Timur dan sajikan.

Tip Membuat Sambal Bawang Jawa Timur

Untuk hasil yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan sedikit gula merah dan terasi pada sambal bawang Jawa Timur. Gula merah akan memberikan rasa manis yang seimbang dengan rasa pedas dari cabai, sedangkan terasi akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada sambal bawang Jawa Timur.

Sajian dan Penyajian

Sambal bawang Jawa Timur biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan nasi atau makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, mie goreng, atau sate. Kamu bisa menyajikan sambal bawang Jawa Timur dalam mangkuk kecil atau tempat saus dan menambahkan irisan daun kemangi atau jeruk nipis sebagai hiasan.

Jangan lupa untuk menyimpan sambal bawang Jawa Timur di dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam lemari es jika tidak akan langsung digunakan. Sambal bawang Jawa Timur bisa bertahan hingga dua minggu jika disimpan dengan benar.

People also ask: Bagaimana cara membuat sambal bawang Jawa Timur yang pedas dan nikmat?

Jawaban: Untuk membuat sambal bawang Jawa Timur yang pedas dan nikmat, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti cabai rawit merah, cabai keriting merah, bawang putih, bawang merah, terasi, gula merah, garam, minyak goreng, dan air jeruk nipis. Tumis bawang putih dan bawang merah, tambahkan terasi dan gula merah, masukkan cabai rawit dan cabai keriting, dan tambahkan air jeruk nipis dan garam. Sajikan sambal bawang Jawa Timur sebagai pelengkap hidangan nasi atau makanan khas Indonesia seperti nasi goreng atau sate.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Jawa Timur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :