Resep Sambal Bawang Jeruk Nipis

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bawang Jeruk Nipis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Jeruk Nipis

Kamu yang sedang mencari resep sambal bawang jeruk nipis yang enak dan segar? Kamu berada di tempat yang tepat. Sambal bawang jeruk nipis adalah salah satu sambal yang sangat mudah dibuat dan sangat cocok untuk menemani berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, atau ayam goreng. Di bawah ini adalah resep sambal bawang jeruk nipis yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Sebagai seorang koki profesional, saya menyarankan kamu untuk menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat sambal bawang jeruk nipis:

  • 10 buah cabe rawit
  • 5 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Setelah kamu menyiapkan semua bahan, langkah selanjutnya adalah membuat sambal bawang jeruk nipis. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Mengupas dan memotong bahan

Pertama-tama, kamu perlu mengupas dan memotong bawang merah dan bawang putih menjadi potongan kecil-kecil. Kemudian, cuci bersih cabe rawit dan iris tipis-tipis.

2. Menggoreng bahan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tadi. Tumis hingga harum dan berwarna kecoklatan. Kemudian, masukkan cabe rawit dan tumis hingga layu.

3. Menambahkan air dan bumbu

Tambahkan air matang secukupnya ke dalam wajan. Kemudian, tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak hingga air menyusut dan bahan terlihat matang dan tercampur dengan baik.

4. Menambahkan jeruk nipis

Setelah bahan terlihat matang, matikan api. Squeeze jeruk nipis untuk mendapatkan air jeruknya. Kemudian, tambahkan air jeruk nipis ke dalam sambal dan aduk rata.

5. Sajikan

Sambal bawang jeruk nipis siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup di dalam kulkas untuk digunakan di kemudian hari.

Jangan lupa untuk mencoba resep sambal bawang jeruk nipis ini di rumah dan nikmati sensasi pedas dan segarnya. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan dan keasaman sesuai dengan selera kamu. Selamat mencoba!

People Also Ask

1. Sambal bawang jeruk nipis bisa bertahan berapa lama dalam kulkas?

Sambal bawang jeruk nipis bisa bertahan hingga 2 minggu dalam kulkas jika disimpan dalam wadah tertutup dengan baik.

2. Apa saja makanan yang cocok disajikan dengan sambal bawang jeruk nipis?

Sambal bawang jeruk nipis cocok disajikan dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, atau bahkan ikan bakar.

3. Bisakah sambal bawang jeruk nipis dibuat lebih pedas?

Tentu saja. Kamu bisa menambahkan jumlah cabe rawit atau bahkan mencampurinya dengan jenis cabe yang lebih pedas, seperti cabe cabai atau cabe scotch bonnet.

4. Bisakah sambal bawang jeruk nipis dibuat tanpa gula?

Tentu saja. Kamu bisa menghilangkan gula pasir dalam resep ini jika kamu tidak suka rasa manis pada sambal. Namun, tambahan gula pasir membantu untuk menyeimbangkan rasa pedas dan asam dari sambal.

5. Apa manfaat dari jeruk nipis dalam sambal bawang jeruk nipis?

Jeruk nipis mengandung banyak nutrisi dan vitamin, seperti vitamin C dan flavonoid. Selain itu, jeruk nipis juga membantu untuk menyeimbangkan rasa pedas dan asam dari sambal.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Jeruk Nipis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :