Resep Sambal Bawang Putih Cabai

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bawang Putih Cabai salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Putih Cabai

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal bawang putih cabai. Sambal ini sangat cocok untuk menemani hidangan nasi atau makanan lainnya. Nah, kali ini saya akan membagikan resep sambal bawang putih cabai yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak baik-baik!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal bawang putih cabai, tentunya kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 20 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah besar
  • 10 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Sambal Bawang Putih Cabai

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kamu bisa langsung memulai membuat sambal bawang putih cabai. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang sudah disebutkan di atas. Cuci bersih cabai, bawang putih, dan tomat. Potong-potong tomat agar lebih mudah dihaluskan nantinya.

2. Tumis bawang putih dan cabai

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Setelah itu, tumis bawang putih dan cabai hingga harum dan matang. Angkat dan biarkan dingin.

3. Haluskan tomat

Haluskan tomat dengan blender atau ulekan. Jangan terlalu halus agar sambal memiliki tekstur yang sedap di lidah.

4. Haluskan cabai dan bawang putih

Setelah itu, haluskan cabai dan bawang putih dengan blender atau ulekan. Jangan terlalu halus dan jangan tambahkan air.

5. Campurkan semua bahan

Campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan cabai dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata.

6. Tambahkan garam dan gula pasir

Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam campuran sambal. Aduk rata.

7. Tumis kembali

Panaskan kembali wajan yang sudah digunakan untuk menumis bawang putih dan cabai tadi. Setelah itu, masukkan campuran sambal ke dalam wajan. Tumis hingga matang dan harum.

8. Angkat dan sajikan

Setelah matang, angkat sambal dan sajikan di dalam mangkuk kecil. Sambal bawang putih cabai siap dinikmati!

Sambal Bawang Putih Cabai yang Lebih Pedas

Jika kamu suka sambal yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit merah. Tambahkan sesuai selera.

People also ask, apa itu sambal bawang putih cabai? Sambal bawang putih cabai adalah sambal yang terbuat dari bawang putih, cabai, dan tomat yang dihaluskan dan ditumis. Sambal ini sangat cocok untuk menemani hidangan nasi atau makanan lainnya. Bagaimana cara membuat sambal bawang putih cabai yang enak? Cara membuat sambal bawang putih cabai yang enak adalah dengan menumis bawang putih dan cabai, haluskan tomat, haluskan cabai dan bawang putih, campurkan semua bahan, tambahkan garam dan gula pasir, dan tumis kembali hingga matang dan harum.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Putih Cabai ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :