Resep Sambal Bawang Putih Goreng

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Bawang Putih Goreng salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Putih Goreng

Koki profesional pasti sudah tahu bahwa sambal bawang putih goreng adalah salah satu sambal yang paling populer di Indonesia. Sambal yang terbuat dari bawang putih yang digoreng ini memiliki rasa yang pedas dan gurih. Nah, jika kamu ingin membuat sambal bawang putih goreng ini sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat sambal, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 10 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah siap, kamu bisa mulai membuat sambal bawang putih goreng. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, kupas bawang putih dan iris tipis-tipis. Cuci bersih cabai rawit dan cabai merah, lalu iris juga menjadi potongan kecil. Siapkan juga garam, gula pasir, dan air.

2. Goreng Bawang Putih

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Setelah minyak panas, masukkan bawang putih yang sudah diiris dan goreng hingga bawang putih berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat bawang putih dari wajan dan tiriskan.

3. Goreng Cabai

Setelah bawang putih sudah digoreng, masukkan cabai rawit dan cabai merah ke dalam minyak yang sama. Goreng hingga cabai menjadi krispi. Angkat cabai dari wajan dan tiriskan.

4. Haluskan Bahan

Setelah bahan sudah digoreng, haluskan bawang putih dan cabai yang sudah digoreng menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan garam dan gula pasir, lalu tambahkan air sedikit-sedikit sampai sambal tercampur rata.

5. Sajikan

Sambal bawang putih goreng siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya di dalam wadah tertutup di dalam kulkas untuk mempertahankan kesegarannya.

Keistimewaan Sambal Bawang Putih Goreng

Ternyata, sambal bawang putih goreng memiliki keistimewaan tersendiri. Selain mudah dibuat dan memiliki rasa yang nikmat, sambal ini juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Bawang putih, salah satu bahan utama sambal ini, dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Jadi, jika kamu suka dengan makanan pedas dan ingin menjaga kesehatan tubuh, sambal bawang putih goreng adalah pilihan yang tepat. Cobalah resep di atas dan nikmati sensasi pedas dan gurih dari sambal bawang putih goreng.

People also ask:

  • 1. Apa itu sambal bawang putih goreng?
  • Sambal bawang putih goreng adalah sambal yang terbuat dari bawang putih yang digoreng dan dicampur dengan cabai, garam, dan gula.

  • 2. Apa manfaat bawang putih dalam sambal bawang putih goreng?
  • Bawang putih dalam sambal bawang putih goreng dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

  • 3. Bagaimana cara menyimpan sambal bawang putih goreng?
  • Sambal bawang putih goreng bisa disimpan di dalam wadah yang tertutup di dalam kulkas untuk mempertahankan kesegarannya.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Putih Goreng ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :