Resep Sambal Cocol Ayam Bakar

Posted on

Resep Sambal Cocol Ayam Bakar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Cocol Ayam Bakar

Kamu seorang koki profesional? Kamu ingin mencoba membuat hidangan yang enak dan pedas? Maka kamu harus mencoba resep sambal cocol ayam bakar yang akan saya bagikan ini. Sambal cocol ayam bakar ini memiliki rasa yang pedas, gurih, dan segar. Sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai lauk pada saat makan siang atau makan malam.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak sambal cocol ayam bakar, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 500 gram daging ayam fillet
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 10 buah cabai rawit, iris halus
  • 3 buah cabai merah, iris halus
  • 2 sendok makan air matang
  • 2 sendok makan cuka putih
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 3 lembar daun jeruk, iris halus

Cara Membuat Sambal Cocol Ayam Bakar

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu dapat mulai membuat sambal cocol ayam bakar dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapan Ayam

Pertama-tama, cuci bersih daging ayam fillet dan tiriskan. Kemudian, letakkan daging ayam tersebut di atas piring dan lumuri dengan air jeruk nipis, kecap manis, minyak sayur, bawang putih, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

2. Pembuatan Sambal

Selama daging ayam direndam, kamu dapat membuat sambalnya. Pertama-tama, tumis cabai rawit dan cabai merah dengan sedikit minyak sayur hingga harum. Kemudian, tambahkan serai dan daun jeruk. Aduk rata dan tambahkan air matang, cuka putih, dan gula pasir. Masak hingga semua bahan tercampur rata dan sambal sedikit mengental.

3. Penggorengan Ayam

Setelah daging ayam direndam selama 30 menit, panggang daging ayam tersebut dengan menggunakan grill atau teflon hingga matang. Kemudian, potong-potong sesuai selera dan sajikan dengan sambal yang telah kamu buat tadi.

Cara Penyajian

Untuk menyajikan sambal cocol ayam bakar ini, kamu dapat menaruh sambal di mangkuk kecil dan letakkan di samping potongan ayam bakar. Sambal cocol ayam bakar ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih dan sayuran segar seperti timun atau tomat.

Setelah kamu berhasil membuat sambal cocol ayam bakar ini, kamu dapat mencoba variasi resep sambal cocol lainnya seperti sambal cocol ikan bakar atau sambal cocol tahu goreng. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan bahan-bahan lainnya yang sesuai dengan selera kamu seperti bawang merah, tomat, atau kemangi.

Bagaimana? Mudah bukan membuat sambal cocol ayam bakar ini? Selamat mencoba dan semoga sukses!

Jawaban untuk people also ask:

1. Apakah sambal cocol ayam bakar ini pedas?

Ya, sambal cocol ayam bakar ini memiliki rasa yang pedas dan gurih.

2. Bisa menggunakan bahan-bahan yang lain?

Tentu saja, kamu dapat menambahkan bahan-bahan lain yang sesuai dengan selera kamu.

3. Bagaimana jika tidak memiliki grill atau teflon?

Kamu dapat menggunakan oven atau panggangan biasa untuk menggoreng daging ayam.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cocol Ayam Bakar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :