Resep Sambal Cumi Asin Balado

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cumi Asin Balado salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Asin Balado

Koki profesional pasti tahu bahwa sambal cumi asin balado adalah salah satu hidangan yang sangat lezat dan menggugah selera. Sambal ini terbuat dari cumi yang diolah dengan bumbu-bumbu yang khas, sehingga menghasilkan rasa yang sangat nikmat. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat sambal cumi asin balado, berikut adalah resepnya yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak sambal cumi asin balado, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 500 gram cumi asin
  • 2 buah tomat
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Sambal Cumi Asin Balado

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah berikutnya adalah memasak sambal cumi asin balado. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Bersihkan Cumi Asin

Pertama-tama, bersihkan cumi asin terlebih dahulu dengan cara merendamnya ke dalam air selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, cuci bersih cumi asin dengan air mengalir hingga benar-benar bersih.

2. Potong-Potong Bahan

Potong-potong bahan seperti tomat, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit menjadi ukuran yang kecil-kecil supaya lebih mudah dihaluskan.

3. Tumis Bumbu-Bumbu

Tumis bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan tomat dan tumis kembali hingga tomat layu.

4. Masukkan Cumi Asin

Setelah bumbu-bumbu telah matang, masukkan cumi asin yang telah dibersihkan. Aduk rata dan masak hingga cumi asin matang.

5. Tambahkan Bumbu-Bumbu Lainnya

Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk ke dalam tumisan cumi asin tadi. Aduk rata dan masak hingga semua bumbu tercampur merata.

6. Masukkan Air

Masukkan air secukupnya ke dalam tumisan cumi asin. Aduk rata dan masak hingga air menyusut dan sambal cumi asin balado matang.

7. Sajikan Sambal Cumi Asin Balado

Setelah sambal cumi asin balado matang, angkat dan sajikan di atas piring saji. Sambal ini sangat pas disajikan sebagai pelengkap nasi hangat atau sebagai cocolan untuk makanan-makanan lainnya.

Penyajian yang Lebih Menarik

Anda dapat menambahkan hiasan-hiasan yang menarik seperti irisan daun bawang atau seledri untuk membuat penyajian sambal cumi asin balado terlihat lebih menarik.

Terakhir, People also ask tentang sambal cumi asin balado adalah “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sambal cumi asin balado?”. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sambal cumi asin balado sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung pada pengalaman dan keahlian masing-masing dalam memasak. Namun, jika sudah terbiasa dan terampil dalam memasak, waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Asin Balado ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :