Resep Sambal Cumi Basah Pedas

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cumi Basah Pedas salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Basah Pedas

Koki profesional pasti tahu betul bahwa rasa sambal cumi basah pedas sangat menggoda lidah. Sambal ini terbuat dari cumi segar yang diolah dengan bumbu pedas dan gurih yang membuatnya sangat lezat. Berikut adalah resep sambal cumi basah pedas yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal cumi basah pedas, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 500 gram cumi segar
  • 2 buah tomat ukuran sedang, potong dadu kecil
  • 5 buah cabai merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan siap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal cumi basah pedas yang lezat:

1. Bersihkan Cumi

Bersihkan cumi dengan cara mencucinya dengan air mengalir. Buang kepala dan tulang belakang cumi, lalu potong cumi menjadi beberapa bagian.

2. Tumis Bawang Putih

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan serai dan daun salam. Tumis hingga layu.

3. Masukkan Tomat dan Cabai

Masukkan tomat dan cabai merah ke dalam wajan. Tumis hingga tomat layu dan cabai merah mengeluarkan aroma pedasnya.

4. Masukkan Cumi

Masukkan cumi yang sudah dipotong ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu yang sudah ada di dalam wajan. Tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata.

5. Tambahkan Air

Tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Masak hingga cumi empuk dan air menyusut.

6. Sajikan

Sambal cumi basah pedas siap disajikan. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang atau daun seledri untuk mempercantik tampilannya.

People also ask:

1. Apakah cumi basah bisa disimpan dalam waktu lama?

Ya, cumi basah bisa disimpan dalam waktu lama dengan cara membekukannya terlebih dahulu. Pastikan cumi sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelum dibekukan. Cumi yang sudah dibekukan bisa disimpan dalam freezer selama beberapa bulan.

2. Apa yang bisa dijadikan pelengkap sambal cumi basah?

Sambal cumi basah biasanya disajikan sebagai lauk. Kamu bisa menghidangkan nasi putih, sayur tumis, atau telur dadar sebagai pelengkapnya.

3. Bagaimana cara memilih cumi yang segar?

Cumi yang segar memiliki warna putih kecoklatan dan tidak berbau amis. Pilih cumi yang kulitnya lembut dan kenyal. Hindari cumi yang sudah menghitam atau terlihat layu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Basah Pedas ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :