Resep Sambal Dadak Jeruk Limau

Posted on

Resep Sambal Dadak Jeruk Limau salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Dadak Jeruk Limau

Kamu yang suka pedas pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal dadak jeruk limau. Sambal ini merupakan salah satu sambal khas Indonesia yang sangat terkenal dengan rasa pedas dan segarnya. Sambal dadak jeruk limau ini sangat cocok untuk dimakan dengan berbagai jenis makanan seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini saya akan berbagi resep sambal dadak jeruk limau yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal dadak jeruk limau, pastikan terlebih dahulu semua bahan yang diperlukan sudah siap. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:

  • 10 buah cabe rawit
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 2 buah tomat merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah jeruk limau
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa langsung memulai membuat sambal dadak jeruk limau. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Cuci dan Potong Bahan

Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Potong cabe rawit, cabe merah keriting, tomat, dan bawang putih menjadi ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah untuk dihaluskan.

Langkah 2: Haluskan Bahan

Setelah semua bahan dipotong, kamu bisa langsung menghaluskan semua bahan menggunakan blender atau cobek. Haluskan hingga semua bahan benar-benar tercampur dan halus.

Langkah 3: Tambahkan Garam dan Gula

Setelah bahan dihaluskan, tambahkan garam dan gula pasir sesuai dengan selera. Aduk rata hingga garam dan gula tercampur dengan baik dengan sambal dadak jeruk limau.

Langkah 4: Tambahkan Minyak Goreng

Setelah itu, tambahkan minyak goreng ke dalam sambal dadak jeruk limau. Tambahkan secukupnya saja agar sambal dadak jeruk limau tidak terlalu kering atau terlalu cair.

Langkah 5: Peras Jeruk Limau

Langkah terakhir adalah memeras jeruk limau dan menambahkan air perasannya ke dalam sambal dadak jeruk limau. Aduk rata lagi hingga semua bahan tercampur dengan baik dan sambal dadak jeruk limau siap disajikan.

Cara Penyajian

Sambal dadak jeruk limau siap disajikan dengan berbagai jenis makanan seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama beberapa hari.

Itulah resep sambal dadak jeruk limau yang bisa kamu coba di rumah. Mudah dan praktis, bukan? Selamat mencoba!

Jawaban untuk people also ask:

1. Apa saja variasi sambal dadak yang bisa dibuat?

Ada banyak variasi sambal dadak yang bisa kamu buat, seperti sambal dadak bawang, sambal dadak terasi, sambal dadak kecap, dan masih banyak lagi.

2. Apa alasan sambal dadak jeruk limau menjadi favorit banyak orang?

Sambal dadak jeruk limau menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang pedas dan segar. Selain itu, sambal ini juga mudah dibuat dan cocok untuk dijadikan sebagai pelengkap makanan.

3. Apakah sambal dadak jeruk limau bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama?

Ya, sambal dadak jeruk limau bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, sebaiknya kamu mengonsumsinya dalam waktu yang tidak terlalu lama agar tetap segar dan enak.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Dadak Jeruk Limau ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :