Resep Sambal Dendeng Balado Kering

Posted on

Resep Sambal Dendeng Balado Kering salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Dendeng Balado Kering

Resep Sambal Dendeng Balado Kering

Jika kamu adalah penggemar makanan pedas, pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal dendeng balado kering. Makanan khas Padang ini memang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Sumatera Barat. Sambal dendeng balado kering adalah campuran antara daging sapi yang diiris tipis dan dimasak kering dengan bumbu balado yang sangat pedas. Bila kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat sambal dendeng balado kering, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:

1. Daging Sapi

Untuk membuat dendeng, kamu dapat menggunakan daging sapi bagian paha atau sandung lamur yang memiliki tekstur daging yang lebih empuk. Sebelum diolah, potong-potong daging sapi tersebut menjadi irisan tipis dan lebar sesuai selera.

2. Bahan Bumbu

Bumbu yang dibutuhkan untuk membuat sambal dendeng balado kering adalah sebagai berikut:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula merah
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sdm asam jawa
  • 1/2 gelas air
Cara Membuat Bumbu

Untuk membuat bumbu, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, jahe, merica, dan garam menggunakan blender atau cobek hingga halus. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk, gula merah, asam jawa, dan air. Aduk rata dan masak hingga bumbu mengental. Setelah itu, angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Dendeng Balado Kering

Setelah bumbu siap, kamu dapat mulai membuat dendeng balado kering dengan cara berikut:

1. Menggoreng Dendeng

Pertama, goreng irisan daging sapi dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga kecokelatan dan matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

2. Membuat Sambal Balado Kering

Setelah dendeng matang, campurkan dengan bumbu balado yang sudah dibuat sebelumnya. Aduk rata dan masak dengan api sedang hingga dendeng benar-benar kering dan bumbu meresap sempurna. Jangan lupa untuk terus diaduk agar dendeng tidak gosong.

3. Sajikan

Sambal dendeng balado kering siap disajikan sebagai lauk atau sebagai makanan pendamping nasi. Kamu juga dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam kulkas agar tahan lebih lama.

People Also Ask

1. Apa keistimewaan dari sambal dendeng balado kering?

Sambal dendeng balado kering memiliki cita rasa yang sangat khas dan pedas. Bumbu baladonya yang terbuat dari campuran cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya membuat dendeng menjadi sangat lezat dan aromatik.

2. Apakah sambal dendeng balado kering sulit dibuat?

Tidak, sambal dendeng balado kering cukup mudah untuk dibuat di rumah. Yang dibutuhkan hanya bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas dan sedikit skill memasak. Kamu juga dapat menyimpan sambal dendeng balado kering dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam kulkas agar tahan lebih lama.

3. Apa yang dapat disajikan bersama dengan sambal dendeng balado kering?

Sambal dendeng balado kering dapat disajikan sebagai lauk atau sebagai makanan pendamping nasi. Kamu juga dapat menyantapnya bersama dengan lalap atau sayuran segar untuk mengurangi rasa pedasnya.

4. Dapatkah sambal dendeng balado kering disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, sambal dendeng balado kering dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam kulkas agar tahan lebih lama. Sebaiknya disimpan dalam kulkas agar bumbunya tidak rusak dan dendeng tetap fresh.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Dendeng Balado Kering ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :