Resep Sambal Embe Dari Bali

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Embe Dari Bali salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Embe Dari Bali

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal embe dari Bali, sambal yang satu ini memang terkenal pedas dan enak. Mungkin kamu pernah mencoba sambal embe di restoran atau warung makan, tapi bagaimana jika kamu bisa membuatnya sendiri di rumah? Di artikel ini, saya akan berbagi resep sambal embe dari Bali yang bisa kamu coba buat di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat sambal embe, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 150 gram cabai rawit merah
  • 50 gram cabai merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah tomat merah
  • 1 buah terong ungu
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal embe:

1. Cuci Bersih Semua Bahan

Pertama-tama, cuci bersih semua bahan yang akan digunakan, kecuali minyak goreng. Setelah dicuci, tiriskan agar tidak terlalu basah.

2. Goreng Cabai dan Tomat

Panaskan minyak goreng di wajan. Goreng cabai rawit, cabai merah besar, dan tomat hingga layu dan berubah warna. Angkat dan tiriskan.

3. Tumis Bawang Putih dan Bawang Merah

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan terong ungu yang sudah dipotong kecil-kecil. Aduk rata dan masak hingga terong menjadi lembut.

4. Haluskan Semua Bahan

Haluskan semua bahan yang sudah digoreng (cabai dan tomat) dan bahan yang sudah ditumis (bawang putih, bawang merah, dan terong) menggunakan blender atau ulekan.

5. Tambahkan Garam dan Perasan Jeruk Nipis

Tambahkan garam dan perasan jeruk nipis ke dalam bahan yang sudah dihaluskan. Aduk rata.

6. Panaskan Sambal Embe

Panaskan sambal embe di atas wajan dengan api kecil. Masak hingga matang dan aroma harum.

7. Sajikan

Sambal embe dari Bali siap disajikan. Kamu bisa menikmatinya bersama nasi putih hangat dan lauk kesukaanmu.

Itulah resep sambal embe dari Bali yang bisa kamu coba buat di rumah. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan “Bagaimana cara membuat sambal embe dari Bali yang enak?” dapat ditemukan di artikel ini. Selain itu, beberapa pertanyaan lain yang mungkin muncul adalah:

  • Apakah sambal embe dari Bali sangat pedas?
  • Bisakah saya mengganti cabai rawit merah dengan cabai hijau?
  • Berapa lama sambal embe bisa disimpan?

Untuk pertanyaan pertama, sambal embe dari Bali memang terkenal pedas. Namun, tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan. Untuk pertanyaan kedua, kamu bisa mengganti cabai rawit merah dengan cabai hijau, namun rasanya akan sedikit berbeda. Untuk pertanyaan ketiga, sambal embe bisa disimpan di dalam kulkas selama 1-2 minggu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Embe Dari Bali ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :