Resep Sambal Geprek Pedas Manis

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Geprek Pedas Manis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Geprek Pedas Manis

Kamu suka makan sambal geprek pedas manis? Apakah kamu tahu bahwa kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah? Sebagai koki profesional, saya akan berbagi resep sambal geprek pedas manis yang enak dan mudah dibuat.

Bahan-bahan

Sebelum membahas cara membuatnya, mari kita lihat dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal geprek pedas manis:

  1. 20 buah cabai rawit
  2. 5 buah cabai merah besar
  3. 5 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula pasir
  7. 1 sendok makan air asam jawa
  8. Minyak goreng secukupnya
  9. Tepung terigu secukupnya
  10. Air secukupnya

Cara Membuat Sambal Geprek Pedas Manis

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal geprek pedas manis:

1. Siapkan dan Cuci Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan dan cuci bersih. Kemudian, iris bawang putih dan bawang merah.

2. Tumis Bawang dan Cabai

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan cabai rawit dan cabai merah besar yang sudah diiris. Tumis hingga cabai layu.

3. Tambahkan Garam, Gula, dan Air Asam Jawa

Tambahkan garam, gula, dan air asam jawa ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bumbu meresap ke dalam cabai.

4. Ulek atau Blender Sambal

Setelah bumbu meresap, angkat sambal dan ulek atau blender hingga halus. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan tambahkan garam atau gula jika perlu.

5. Geprek Ayam

Setelah sambal selesai dibuat, sekarang saatnya untuk membuat geprek ayam. Siapkan ayam fillet yang sudah dicuci bersih dan potong-potong sesuai selera. Gulingkan ayam pada tepung terigu dan celupkan ke dalam air. Gulingkan lagi pada tepung terigu. Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.

6. Geprek Ayam dengan Sambal

Saat ayam masih panas, geprek ayam dengan menggunakan ulekan atau alat geprek lainnya. Kemudian, celupkan ayam ke dalam sambal geprek pedas manis yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan sambal merata pada ayam.

7. Sajikan

Sajikan ayam geprek pedas manis dengan nasi putih dan irisan mentimun atau tomat sebagai pelengkapnya. Selamat menikmati!

Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan bersih setelah membuat sambal geprek pedas manis. Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas karena dapat memicu masalah pencernaan.

People also ask, bagaimana cara membuat sambal geprek yang enak? Untuk membuat sambal geprek yang enak, pastikan kamu menggunakan cabai yang segar dan berkualitas baik. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi rasa sambal dan tambahkan garam atau gula jika perlu. Geprek ayam dengan menggunakan alat geprek yang tepat agar hasilnya empuk dan renyah. Sajikan dengan nasi putih dan pelengkap yang kamu sukai.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Geprek Pedas Manis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :