Resep Sambal Goreng Ati Santan

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Ati Santan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Ati Santan

Kamu sedang mencari resep sambal goreng ati santan yang enak dan gurih? Kamu beruntung karena kamu telah menemukan artikel yang tepat! Sambal goreng ati santan adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari hati ayam yang digoreng, dicampur dengan bumbu-bumbu dan santan. Rasanya yang gurih dan pedas membuat hidangan ini sangat nikmat disajikan bersama nasi putih. Ikuti resep berikut untuk membuat sambal goreng ati santan yang sempurna!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

Bahan Utama

1. 500 gram hati ayam

2. 500 ml santan kental

3. Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus

1. 10 buah cabai merah

2. 5 buah cabai rawit

3. 6 siung bawang merah

4. 4 siung bawang putih

5. 2 cm jahe

6. 2 cm kunyit

7. 1 sdt terasi

8. Garam secukupnya

Cara Memasak

Setelah semua bahan telah disiapkan, kamu dapat mulai memasak sambal goreng ati santan. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Bersihkan Hati Ayam

Pertama-tama, bersihkan hati ayam dari kotoran dan lemak yang menempel. Setelah itu, iris hati ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera.

2. Goreng Hati Ayam

Setelah hati ayam bersih dan dipotong-potong, goreng hati ayam sampai matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

3. Tumis Bumbu Halus

Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum dan matang. Setelah itu, tambahkan garam secukupnya.

4. Masukkan Hati Ayam dan Santan

Masukkan hati ayam yang telah digoreng ke dalam bumbu tumis, aduk rata. Setelah itu, masukkan santan kental dan aduk rata lagi.

5. Masak Hingga Kuah Mengental

Masak sambal goreng ati santan sampai kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam hati ayam. Jangan lupa untuk terus diaduk agar santan tidak pecah.

Setelah itu, sambal goreng ati santan siap disajikan bersama nasi putih yang hangat.

Jika kamu ingin lebih pedas, kamu dapat menambahkan cabai rawit sesuai dengan selera. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan daun jeruk atau serai untuk memberikan aroma yang lebih segar.

Selesai sudah resep sambal goreng ati santan yang enak dan gurih. Selamat mencoba!

Jawaban People Also Ask:

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak sambal goreng ati santan?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak sambal goreng ati santan adalah sekitar 30-45 menit tergantung pada jumlah bahan yang digunakan dan kecepatan memasak.

Apakah sambal goreng ati santan bisa disimpan dalam kulkas?

Ya, sambal goreng ati santan dapat disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya disajikan dalam keadaan masih panas.

Apakah ada alternatif bahan pengganti hati ayam?

Ya, kamu dapat mengganti hati ayam dengan hati sapi atau usus sapi sesuai dengan selera. Namun, rasanya akan berbeda dengan sambal goreng ati santan yang asli menggunakan hati ayam.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Ati Santan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :