Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana Dan Enak

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana Dan Enak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana Dan Enak

Kentang dan ati ampela adalah bahan makanan yang populer di Indonesia. Saat ini, banyak orang yang mencari resep sambal goreng kentang ati ampela sederhana dan enak. Sambal goreng kentang ati ampela adalah masakan Indonesia yang terkenal karena rasanya yang kaya dan gurih. Dalam artikel ini, saya akan memberikan resep sambal goreng kentang ati ampela yang sederhana dan enak untuk menemani hidangan Anda.

Bahan-bahan

Sebelum memasak, pastikan Anda mempersiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat sambal goreng kentang ati ampela sederhana dan enak:

  • 300 gr kentang, kupas dan potong dadu
  • 200 gr ati ampela, cuci bersih dan potong kecil-kecil
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 buah cabe merah, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm minyak goreng
  • 300 ml air

Cara membuat

Setelah mempersiapkan semua bahan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal goreng kentang ati ampela sederhana dan enak:

1. Goreng kentang dan ati ampela

Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan goreng kentang dan ati ampela sampai matang. Angkat dan tiriskan.

2. Tumis bawang bombay dan bawang putih

Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Tambahkan cabe merah dan tumis hingga layu.

3. Masukkan kentang dan ati ampela

Masukkan kentang dan ati ampela yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata.

4. Tambahkan air, garam, gula, dan kecap manis

Tambahkan air, garam, gula, dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan mendidih hingga kuah menyusut dan mengental.

5. Sajikan

Sajikan sambal goreng kentang ati ampela sederhana dan enak dengan nasi putih hangat.

Varian rasa

Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk mengubah rasa sambal goreng kentang ati ampela sederhana dan enak ini. Misalnya, Anda bisa menambahkan daun salam, serai, atau santan untuk memberikan rasa yang lebih kaya. Anda juga bisa menambahkan bahan seperti teri atau udang ke dalam sambal goreng ini untuk memberikan rasa yang lebih asin dan gurih.

Cara menyimpan sambal goreng kentang ati ampela

Jika Anda memiliki sisa sambal goreng kentang ati ampela sederhana dan enak, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Sambal goreng ini bisa bertahan hingga 3 hari di dalam kulkas. Sebelum disajikan kembali, panaskan sambal goreng ini di atas kompor atau di dalam microwave hingga panas.

People also ask:

1. Apa itu sambal goreng kentang ati ampela?

Sambal goreng kentang ati ampela adalah masakan Indonesia yang terkenal karena rasanya yang kaya dan gurih. Masakan ini terbuat dari kentang dan ati ampela yang digoreng dan disajikan dengan bumbu khas Indonesia.

2. Bagaimana cara membuat sambal goreng kentang ati ampela?

Untuk membuat sambal goreng kentang ati ampela, Anda perlu mempersiapkan kentang, ati ampela, bawang bombay, bawang putih, cabe merah, garam, gula pasir, kecap manis, minyak goreng, dan air. Kemudian, kentang dan ati ampela digoreng, bumbu ditumis, dan semua bahan dicampur dan dimasak hingga matang.

3. Apa saja varian rasa sambal goreng kentang ati ampela?

Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daun salam, serai, atau santan untuk memberikan rasa yang lebih kaya. Anda juga bisa menambahkan bahan seperti teri atau udang ke dalam sambal goreng ini untuk memberikan rasa yang lebih asin dan gurih.

4. Bagaimana cara menyimpan sambal goreng kentang ati ampela?

Jika Anda memiliki sisa sambal goreng kentang ati ampela, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Sambal goreng ini bisa bertahan hingga 3 hari di dalam kulkas. Sebelum disajikan kembali, panaskan sambal goreng ini di atas kompor atau di dalam microwave hingga panas.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Sederhana Dan Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :