Resep Sambal Goreng Kentang Pedas Manis

Posted on

Resep Sambal Goreng Kentang Pedas Manis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Goreng Kentang Pedas Manis

Kamu menyukai rasa pedas dan manis di dalam masakanmu? Resep sambal goreng kentang pedas manis bisa menjadi salah satu pilihan menu yang cocok untukmu. Kombinasi antara kentang yang renyah dan bumbu sambal yang pedas dan manis akan membuat lidahmu bergoyang. Berikut resep sambal goreng kentang pedas manis yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep sambal goreng kentang pedas manis cukup mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket. Bahan-bahan yang kamu butuhkan meliputi:

  • 500 gram kentang
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 sendok makan kecap manis
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya
  • air secukupnya

Cara membuat sambal goreng kentang pedas manis

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, kamu bisa mulai membuat sambal goreng kentang pedas manis dengan langkah-langkah berikut:

1. Menggoreng kentang

Pertama-tama, kupaslah kentang dan cuci bersih. Kemudian, potong kentang menjadi ukuran dadu. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan goreng kentang hingga kecoklatan dan renyah. Setelah itu, tiriskan kentang dari minyak dan sisihkan.

2. Membuat bumbu sambal

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah menggunakan blender atau ulekan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dalam minyak goreng hingga harum. Setelah itu, masukkan daun salam, serai, dan daun jeruk. Tumis bumbu hingga matang dan aromanya tercium.

3. Menambahkan bahan lainnya

Setelah bumbu sambal matang, masukkan potongan tomat dan bawang bombay. Tumis bahan-bahan tersebut hingga layu. Kemudian, masukkan kentang yang sudah digoreng ke dalam wajan dan aduk rata.

4. Menambahkan bahan penyedap

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, tambahkan kecap manis, garam, dan gula merah secukupnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Jika dirasa kurang pedas atau manis, kamu bisa menambahkan cabai atau gula merah sesuai selera.

5. Menghidangkan sambal goreng kentang pedas manis

Setelah sambal goreng kentang pedas manis matang, angkat dan hidangkan di atas piring. Sajikan sambal goreng kentang pedas manis dengan nasi putih dan pelengkap lainnya, seperti irisan mentimun dan tomat.

Itulah resep sambal goreng kentang pedas manis yang bisa kamu coba. Selain rasanya yang enak, resep ini juga mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan “people also ask” tentang resep sambal goreng kentang pedas manis adalah:

1. Bagaimana cara membuat sambal goreng kentang pedas manis yang lebih pedas?

Jawab: Kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabai bubuk ke dalam bumbu sambal ketika menggorengnya. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya agar tidak terlalu pedas.

2. Apa saja bahan pelengkap yang cocok untuk sambal goreng kentang pedas manis?

Jawab: Beberapa bahan pelengkap yang cocok untuk sambal goreng kentang pedas manis antara lain irisan mentimun, tomat, atau telur dadar.

3. Bisakah resep sambal goreng kentang pedas manis disimpan dalam lemari es?

Jawab: Ya, kamu bisa menyimpan sambal goreng kentang pedas manis dalam lemari es selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama karena kentang bisa menjadi lembek dan bumbu sambal bisa berubah rasa.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Kentang Pedas Manis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :