Resep Sambal Goreng Tahu Ati Ampela

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Tahu Ati Ampela salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Tahu Ati Ampela

Kamu sedang mencari resep sambal goreng tahu ati ampela yang enak dan mudah dibuat? Kamu berada di tempat yang tepat! Sebagai seorang koki profesional, saya akan berbagi resep sambal goreng tahu ati ampela yang telah teruji dan disukai banyak orang. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng tahu ati ampela ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 300 gram tahu putih
  • 200 gram ati ampela ayam
  • 2 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai rawit
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt gula merah
  • 1 sdt garam
  • 400 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah membuat sambal goreng tahu ati ampela ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Potong Tahu dan Ati Ampela

Potong tahu putih menjadi dadu kecil, kemudian goreng hingga kecokelatan dan tiriskan. Sementara itu, potong ati ampela ayam menjadi ukuran yang sama dengan tahu dan goreng hingga matang. Tiriskan dan sisihkan.

2. Haluskan Bumbu

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, terasi, gula merah, dan garam menggunakan blender atau ulekan. Jangan terlalu halus, agar sambal goreng nantinya tidak terlalu lembut.

3. Tumis Bumbu

Panaskan minyak goreng di dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun salam dan lengkuas, aduk rata.

4. Masukkan Tahu dan Ati Ampela

Masukkan tahu dan ati ampela ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu. Tambahkan air dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam tahu dan ati ampela.

5. Sajikan

Sambal goreng tahu ati ampela siap disajikan. Taburi dengan sedikit bawang goreng sebagai garnish. Sajikan dengan nasi putih hangat dan lalapan.

Kelebihan Sambal Goreng Tahu Ati Ampela

Sambal goreng tahu ati ampela adalah makanan yang sangat cocok disajikan sebagai lauk untuk makan siang atau makan malam. Selain rasanya yang lezat dan gurih, sambal goreng tahu ati ampela juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tahu mengandung protein yang tinggi, sedangkan ati ampela mengandung zat besi dan vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi sambal goreng tahu ati ampela, kamu akan mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan memenuhi kebutuhan harian tubuhmu.

People also ask: Apakah sambal goreng tahu ati ampela bisa disimpan dalam kulkas?

Jawaban: Ya, sambal goreng tahu ati ampela bisa disimpan di dalam kulkas untuk beberapa hari. Sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara dan tidak terlalu lama agar tidak mempengaruhi rasa dan aroma dari sambal tersebut. Ketika akan disajikan, bisa dipanaskan kembali di atas kompor atau microwave.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Tahu Ati Ampela ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :