Resep Sambal Ijo Jawa Tengah

Posted on

Inilah Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Ijo Jawa Tengah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ijo Jawa Tengah

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal ijo, salah satu sambal khas Indonesia yang terkenal pedas dan segar. Namun, apakah kamu sudah mencoba sambal ijo khas Jawa Tengah? Sambal ijo Jawa Tengah memiliki cita rasa yang unik dan pastinya akan memanjakan lidahmu. Berikut ini adalah resep sambal ijo Jawa Tengah yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal ijo Jawa Tengah, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 50 gram cabai hijau
  • 5 buah tomat hijau
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 100 ml air matang
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah siap, kamu bisa memulai membuat sambal ijo Jawa Tengah dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan kamu sudah mencuci bersih cabai hijau, tomat hijau, bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit.

2. Tumis Bumbu Halus

Haluskan cabai hijau, tomat hijau, bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit dengan menggunakan blender atau ulekan. Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu tumis bumbu halus hingga harum dan matang.

3. Tambahkan Garam dan Gula

Tambahkan garam dan gula ke dalam bumbu tumis. Aduk rata dan masak hingga gula larut.

4. Masukkan Air Matang

Tuangkan air matang ke dalam wajan dan aduk rata. Masak bumbu hingga air menyusut dan sambal ijo Jawa Tengah matang sempurna.

5. Sajikan

Sambal ijo Jawa Tengah siap disajikan. Kamu bisa menyantap sambal ijo ini bersama nasi dan lauk pauk kesukaanmu.

Itulah resep sambal ijo Jawa Tengah yang dapat kamu coba di rumah. Selain enak, sambal ijo Jawa Tengah juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun, apakah kamu penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait sambal ijo Jawa Tengah? Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan orang tentang sambal ijo Jawa Tengah beserta jawabannya.

1. Apa Bedanya Sambal Ijo Jawa Tengah dengan Sambal Ijo Lainnya?

Sambal ijo Jawa Tengah memiliki cita rasa yang unik dan khas. Bahan utama sambal ijo Jawa Tengah adalah cabai hijau dan tomat hijau. Selain itu, sambal ijo Jawa Tengah juga menggunakan bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit sebagai bumbu penyedap. Hal ini membuat sambal ijo Jawa Tengah memiliki rasa yang lebih segar dan sedikit asam jika dibandingkan dengan sambal ijo lainnya.

2. Apa Manfaat Konsumsi Sambal Ijo Jawa Tengah?

Sambal ijo Jawa Tengah mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Cabai hijau yang menjadi bahan utama sambal ijo Jawa Tengah mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, bawang putih dan bawang merah yang digunakan sebagai bumbu penyedap juga memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

3. Apakah Sambal Ijo Jawa Tengah Pedas?

Ya, sambal ijo Jawa Tengah memiliki rasa pedas yang cukup kuat. Namun, kepedasan sambal ijo Jawa Tengah dapat disesuaikan dengan jumlah cabai hijau yang digunakan. Jika kamu tidak terlalu suka dengan makanan pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai hijau yang digunakan pada resep ini.

4. Bagaimana Cara Menyimpan Sambal Ijo Jawa Tengah?

Sambal ijo Jawa Tengah dapat disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Jika kamu ingin menyimpan sambal ijo ini lebih lama, kamu bisa memasukkannya ke dalam wadah kedap udara dan menyimpannya di dalam freezer.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan orang tentang sambal ijo Jawa Tengah. Semoga jawaban yang diberikan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ijo Jawa Tengah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :