Resep Sambal Ijo Terong Teri

Posted on

Resep Sambal Ijo Terong Teri salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Ijo Terong Teri

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal ijo terong teri. Sambal ini sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Sumatera dan Jawa. Sambal ijo terong teri memiliki rasa yang pedas dan segar karena bahan utamanya adalah cabai hijau dan terong. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat sambal ijo terong teri sendiri, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal ijo terong teri, kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 10 buah cabai hijau
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 buah terong hijau
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir teri medan, goreng
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah membuat sambal ijo terong teri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapan Bahan

Pertama-tama, cuci bersih cabai hijau dan cabai rawit. Potong-potong cabai hijau dan cabai rawit menjadi beberapa bagian agar mudah dihaluskan. Selanjutnya, iris tipis terong hijau dan bawang putih.

2. Haluskan Bahan

Haluskan cabai hijau, cabai rawit, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air agar bahan lebih mudah dihaluskan. Jangan terlalu halus, agar sambal tidak terlalu encer.

3. Tambahkan Bahan Lainnya

Tambahkan teri medan yang sudah digoreng, garam, gula, dan air matang secukupnya ke dalam bahan yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

4. Penyajian

Sambal ijo terong teri siap disajikan. Squeeze jeruk nipis di atas sambal untuk memberikan rasa segar yang lebih khas. Sambal ijo terong teri siap disajikan dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, sate, atau ayam goreng.

Tips

Agar sambal ijo terong teri lebih lezat, kamu bisa menambahkan sedikit minyak goreng saat menghaluskan bahan. Selain itu, jangan terlalu banyak menambahkan gula karena sambal ijo terong teri seharusnya memiliki rasa yang lebih pedas dan segar.

Jadi, itulah resep sambal ijo terong teri yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apa itu sambal ijo terong teri?

Sambal ijo terong teri adalah sambal khas Indonesia yang terbuat dari cabai hijau, terong hijau, dan teri medan. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan segar.

2. Bagaimana cara membuat sambal ijo terong teri yang enak?

Untuk membuat sambal ijo terong teri yang enak, kamu harus memilih bahan yang segar dan berkualitas. Selain itu, jangan terlalu banyak menambahkan gula dan tambahkan sedikit minyak goreng agar sambal lebih lezat.

3. Sambal ijo terong teri cocok disajikan dengan apa?

Sambal ijo terong teri cocok disajikan dengan berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, sate, atau ayam goreng.

4. Apa yang membuat sambal ijo terong teri berbeda dengan sambal lainnya?

Sambal ijo terong teri memiliki rasa yang pedas dan segar karena bahan utamanya adalah cabai hijau dan terong hijau. Selain itu, tambahan teri medan juga memberikan rasa gurih yang khas pada sambal ini.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ijo Terong Teri ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :